Multimedia Tutorial Berbasis Android untuk Memudahkan Siswa Memahami Materi Mengenal Notasi Balok Kelas X Seni Musik
Abstract
Abstrak: Pesatnya perkembangan teknologi menawarkan berbagai jenis perangkat mobile, seperti smartphone. Perangkat yang hampir setiap siswa memiliki di Indonesia, karena terjangkau untuk semua. Ini memiliki dampak yang besar pada pembelajaran. Saat ini, integrasi teknologi ke dalam pengajaran dan pembelajaran telah meningkat, karena kemampuan smartphone secara bertahap akan mengambil alih fungsi komputer. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Multimedia Tutorial berbasis Android Mengenal Notasi Balok untuk Kelas X Seni Musik yang valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran. Termasuk jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor persentase sebesar 98%, ahli materi diperoleh skor persentase sebesar 97%, uji coba lapangan dengan responden berjumlah 25 siswa diperoleh skor persentase sebesar 87,78%. Sehingga diperoleh hasil bahwa multimedia tutorial layak untuk digunakan.
Abstract: The developmentof technologyioffers various typesiofimobileidevices, such asismartphones.Devices are almost all owned in Indonesia, because it is affordable for all. This has great thinking on learning. Today, itechnology integration is increasing and learningiisiincreasing, becauseithe ability of smartphones to increase willitakeiover computer functions. Android-basediMultimedia Tutorials Beam Notationifor Class X Music Art which is valid / suitable for use as a learning medium. Developing model the Lee &iOwensidevelopment model. The resultsiof validationiby media experts obtained a percentage score of 98%, material experts obtained a percentage score of 97%, fielditrialsiwith respondents collecting 25 students obtained a percentage score of 87.78%. Worthy ofithe results of a multimediaitutorial is feasible to use.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alessi, S., & Trollip, S. (2001). Multimedia for Learning : Methods and Development. Massachusetts: A Pearson Education.
Anggraeni, R. D., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96-101.
Anas, M. A., Soepriyanto, Y., & Susilaningsih, S. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan Untuk Smk Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 307-314.
Arief, A. (2016). Pemanfaatan Program “Bata” Pada Pembelajaran Seni Musik Untuk Meningkatkan Pemahaman Notasi Balok Dan Notasi Angka Siswa. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 37.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian (Vol. Ed Revisi VI ). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Admaja, A. M., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Untuk Guru Dalam Mengembangkan Software Tes Berbasis Komputer. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 63-68.
Banoe, P. (2003). Kamus Musik . Jakarta .
Haryaningtias, D., Suyatna, A., & Sesunan, F. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Tutorial Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(6).
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia Based Instructional Deisgn. San Francisco : Pfeiffer.
Mayer, R. E. (2005). The Cambrudge handbook of multimedia learning. Cambridge University Press
Nikolawatin, Z., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2019). Pengembangan Media Tutorial Bahasa Isyarat Untuk Siswa Tunarungu Slb Bc Kepanjen. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 15-22.
Praherdhiono, H., & Pramono Adi, E. (2008). Panduan Praktikum Multimedia. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Reveiu, A., Smeureanu, I., & Dardala, M. (2008, July). Content adaptation in mobile multimedia system for m-learning. In 2008 7th International Conference on Mobile Business (pp. 305-313). IEEE.
Riasti, M. F., Suyatna, A., & Wahyudi, I. (2016). Pengembangan Media Interaktif Model Tutorial pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1).
Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2).
Sari, D. V., Suyatna, A., & Sesunan, F. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2).
Setyo, B. A., Komaro, M., & Ariyano, A. Multimedia Interaktif Model Tutorial Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 207-212.
Siswanto, S., & Firmansyah, F. (2018). Pemahaman Metrik dalam Membaca Notasi Balok. Jurnal Seni, Desain dan Budaya, 3(3).
Smaldino, S. E. (2012). Instructional Technology and Media for Learning Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.
Rahardjo, T., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195-202.
Traxler, J. (2005). Defining Mobile Learning. Malta : International Association for Development of the Information Society Press.
Ulfa, S. (2013). Mobile technology integration into teaching and learning. IEESE International Journal of Science and Technology, 2(1), 1.
Umroh, N. S., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2019). Multimedia Tutorial Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 45-52.
Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas Vii Mts Raudlatul Ulum Karangploso. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 23-29.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i12019p059
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Maura Salmaa Amalia, Saida Ulfa, Yerry Soepriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)