Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pengguasaan Materi Pelajaran Ekonomi

Sarmi Sarmi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas dan penguasan materi pelajaran Ekonomi pada peserta didik kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ekonomi dan peserta didik. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing melalui empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, kreativitas, yaitu pada siklus I, nilai rata-rata kreativitas siswa 78,27 meningkat menjadi 85,45 pada siklus II. Sementara penguasaan materi pelajaran Ekonomi oleh peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus pertama nilai rata-rata tes akhir 73,48 meningkat menjadi 83,73 pada siklus kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind mapping dalam pembelajaran mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan kreativitas dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran Ekonomi.

Abstract:

This research was conducted with the aim of increasing creativity and mastery of economic subject matter in class XI IPS 1 students at SMA Negeri 6 Malang. This research uses Classroom Action Research (CAR). The object of this study is the economics teacher and students. This data collection is done using the method of observation, documentation, and tests. This research was conducted in two cycles with each through four stages, namely: planning, action, observation and reflection. Based on the results of the study showed an increase, creativity, namely in the first cycle, the average value of students' creativity 78.27 increased to 85.45 in the second cycle. While mastery of economic subject matter by students also increased, namely in the first cycle the average value of the final test 73.48 increased to 83.73 in the second cycle. thus it can be concluded that the use of mind mapping in learning economic subjects can increase creativity and mastery of subject matter.

Keywords


Mind Mapping learning model; creativity; mastery of the materia; Model pembelajaran Mind Mapping; kreatifitas; penguasaan materi

Full Text:

PDF

References


Al-Jarf, R. (2011). Teaching spelling skills with a mind-mapping software. Asian EFL Journal Professional Teaching Articles, 53, 4–16.

Alfindasari, D., & Surahman, E. (2014). Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Era Global: Sebuah Tinjauan Terhadap Penelitian Teknologi Pendidikan di LPTK. Proceeding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Aunurrahman, D., & Pd, M. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Buzan, T. (2006). Buku pintar mind map. Gramedia Pustaka Utama.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 136, 141.

Job, M. A., & Ogalo, H. S. (2012). Micro learning as innovative process of knowledge strategy. International Journal of Scientific & Technology Research, 1(11), 92–96.

Kristiani, N. (2019). Peningkatan Kualitas Kinerja Sekolah Melalui Pemanfaatan Supervisi Pembelajaran Berbasis Kolaborasi Dengan Pendekatan Sedayung Tipat Puter. Indonesian Journal of Educational Studies, 22(1).

Kulsum, N. U. (2018). Application Learning Model Mind Mapping for Increase The Creativity and Learning Outcomes. Classroom Action Research Journal (CARJO), 1(4), 186–191.

Latif, I., Sari, D., & Riyadi, M. (2017). Teachers’ Competence in Creating Classroom Action Research (CAR) Proposal. International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017). Atlantis Press.

Lestari, I., & Wahyudi, T. N. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Era Industri 4.0 (Studi Kasus di SMA Negeri Nawangan). Seminar Nasional Pendidikan 2019.

Mercurio, M., Torre, I., & Torsani, S. (2011). Design of Adaptive Micro-Content in Second Language Acquisition. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 7(3), 109–119.

Mettetal, G. (2002a). Improving teaching through classroom action research. Essays on Teaching Excellence: Toward the Best in the Academy, 14(7).

Mettetal, G. (2002b). The what, why and how of classroom action research. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 6–13.

Mulyasa, E. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. (1999). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Departemen Pendidikan & Kebudayaan.

Muzakir, M. Z., & Wijaya, P. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dengan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 7 Pekanbaru. PEKA, 6(2), 80–89.

Nanda, Y. F. (2019). Mind Mapping Model, Student Learning and Creativity: Evidence From Economics Lesson of Senior High School. Classroom Action Research Journal (CARJO), 2(2), 71–78.

Nasution, S. (2000). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. PT. Bina Aksara.

Noviasari, K., Legowo, E., & Lilik, S. (2015). Keefektifan Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMP. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 3(1).

Nugroho, R. N. (2011). Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas x di SMA MTA Surakarta Tahun ajaran 2010/2011.

Pandanwangi, R. N. (2015). Penerapan model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada mata pelajaran ilmu gizi (siswa-siswi SMK Negeri 3 Malang). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi (Siswa-Siswi SMK Negeri 3 Malang)/Repita Nuragsi Pandanwangi.

Parikh, N. D. (2016). Effectiveness of teaching through mind mapping technique. The International Journal of Indian Psychology, 3(3), 148–156.

Park, Y., & Kim, Y. (2018). A design and Development of micro-Learning Content in e-Learning System. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 8(1), 56–61.

Pendidikan, K. (2016). Kebudayaan. Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI-KD K-13: KI-KD Matematika Kelas VII-IX SMP_MTs. Jakarta: Kemendikbud.

Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., … Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Journal on Education, 1(2), 271–278.

Rahmawati, M. M. E., & Budiningsih, C. A. (2014). Pengaruh Mind Mapping dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 1, pp. 123–138. https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2524

Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Silberman, M. L. (2006). Active learning 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nusamedia.

Surahman, E., & Supriyanto, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Mengajar Dosen Muda Melalui Lesson Study. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 35–38.

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723

Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952–962.

Susianna, N., & Suhandi, F. (2014). Program Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi dan Profesional Guru Paud di Sekolah XYZ Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/4528

Tan, Z. (2019). Research on the Application of Mind Mapping Concept on Mathematics Education.

Utami, M. (2002). Kreativitas dan keberbakatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wardani, I. (2014). Penelitian tindakan kelas.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i12019p078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sarmi Sarmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
Jinotep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.