Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Pelatihan Instalasi Tenaga Listrik

Gigih Latianda Febrianto, Sulton Sulton, Henry Praherdiono

Abstract


Abstrak: Media pembelajaran pada dasarnya dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk semua tingkatana pendidikan, dengan memperhatikan beberapa karakteristik siswa. Tujuan pennelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media video pembelajaran untuk pelatihan instalasi tenaga listrik yang valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model Sadiman. Penelitian ini telah dilakukan di UPT Balai Latihan Kerja Surabaya pada bulan Januari-April 2020. Subjek penelitian yaitu dosen Universitas Negeri Malang dan 16 peserta pelatihan UPT Balai Latihan Kerja Surabaya. Instrumen pengambilan data yaitu angket kevalidan untuk ahli media, ahli materi, angket respon pengguna, dan instrumen pretes dan postes. Hasil penelitian yaitu media video pembelajaran untuk pelatihan instalaasi tenaga listrik menunjukkan persentase validasi ahli materi sebesar 89,2% (valid), ahli media 96,9% (valid), uji coba kelompok kecil sebesar 87,2%, dengan hasil uji coba kelompok besar sebesar 85% (valid), dan persentase tes hasil belajar sebesar 86,5% (efektif).

Abstract: Learning media basically can be used in learning activities for all levels of education, taking into account some of the characteristics of students. The aim of this research and development is to produce a learning video media for valid and effective electricity installation training. This type of research is research and development (R&D) that refers to Sadiman's model. This research was conducted at the Surabaya Work Training Center UPT in January-April 2020. The research subjects were lecturers at the State University of Malang and 16 participants of the Surabaya Work Training Center UPT training. Data collection instruments are validity questionnaires for media experts, material experts, user response questionnaires, and pretest and posttest instruments. The results of the study are instructional video media for electric power installation training showing the percentage of material expert validation was 89.2% (valid), media expert 96.9% (valid), small group trial was 87.2%, with group trial results 85% (valid), and the percentage of learning outcomes tests is 86.5% (effective).


Keywords


Media Pembelajaran; Video Pembelajaran; Instalasi Motor Listrik 3 Fasa

Full Text:

PDF

References


Afryansih, N. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Geografi SMAN 5 Padang. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1600

Allen, W. H. (1975). Intellectual abilities and instructional media design. AV Communication Review, 23(2), 139–170.

Ardiansyah, R., Nrartha, I. M. A., & Sukmadana, I. M. B. (2017). Perancangan Soft Starting Pada Motor Induksi Tiga Phase Menggunakan Mikrokontroller ATMEGA328. DIELENTRIKA, 2(2), 91–96.

Arends. (1997). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Arikunto, S. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Aulbur, W., CJ, A., & Bigghe, R. (2016). Skill Development for Industry 4.0. In Roland Berger, BRICS Skill Development Working Group, India Section (pp. 1–50).

Azmy, A. (2015). Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia untuk Mencapai Career Ready Professional di Universitas Tanri Abeng. Binus Business Review, 6(2), 220. https://doi.org/10.21512/bbr.v6i2.971

Corley, M. A. (2012). TEAL Center Fact Sheet No. 6: Student-Centered Learning. TEAL (Teaching Excellence in Adult Literacy), (6), 1–3.

Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408

Hartanti, E., Djatmika, E. T., & Setyosari, P. (2017). Pengembangan mediavideo klip sebagai suplemen pembelajaran materi keberagaman budaya bangsaku. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 818–825.

Hesson, M., & Shad, K. F. (2007). A Student-centered Learning Model. American Journal of Applied Sciences, 4(9), 628–636. https://doi.org/10.3844/ajassp.2007.628.636

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99.

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan Media Video dan Animasi pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Mardiah, N. (2019). Peranan Positive Organization Behavior dalam Meningkatkan Kinerja untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Maqdis : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(2), 215. https://doi.org/10.15548/maqdis.v4i2.260

Mustika, R. (2015). Media Pembelajaran Sistem Audio untuk Pemberdayaan Pendidikan di Komunitas Masyarakat. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 6(1), 57–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17933/mti.v6i1.75

Neill, G. O., & Mcmahon, T. (2005). Student-centred Learning: What for Students and Lecturers? Does It Mean. Emerging Issues in the Practice OfUniversity Learning and Teaching.

Nugrahani, R., & Rupa, J. S. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44.

Nugroho, T. A. . (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Keterampilan ProsesIPA dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nur, M. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Pradipta, P., Sutarto, S., & Ghani, A. (2016). Media Video Kejadian Fisika di Lingkungan Disertai Besaran Fisis dalam Pembelajaran Fisika di SMA (Studi Pada Kelas X SMA Negeri 1 Muncar). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 331-337–337.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Purnomo, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Rahayu,Hadiarti, & Kurniati, 2018. (2018). Kata Kunci: Ekstraksi, Isolasi, Pengembangan Model 3-D, Video Pembelajaran. 6(1).

Sadiman, S. A. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, M. D. H., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2018). Pengembagan Media Pembelajaran Pemasangan Instalasi Listrik Dan Video Tutorial Instalasi Listrik Dalam Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi Di Program. 7(2), 48–54.

Siang, J. ., Hasan, B., & Tamhir. (2019). VideoDevelopment as Supporting Learning Media for Teachers at SMP Negeri 5 Tidore Islands. Proceeding of Community Development, 111–118.

Suparno. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Surahman & Alfindasari, 2017. (2017). Developing Adaptive Mobile Learning with the Principle of Coherence Mayer on Biology Subjects of High School to Support the Open and Distance Education. 128(Icet), 184–190.

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System ( Imoles ) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul. 5(2), 50–56.

Surahman, E., Wedi, A., & Soepriyanto, Y. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. 285(Icet), 28–31.

Woottipong, K. (2014). Effect of Using Video Materials in the Teaching of Listening Skills for University Students. International Journal of Linguistics, 6(4), 200. https://doi.org/10.5296/ijl.v6i4.5870




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i22020p149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gigih Latianda Febrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats