Pengembangan Multimedia Drill And Practice Meningkatkan Kecakapan Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-Hari

Fara Nabila Gunawan, Yerry Soepriyanto, Agus Wedi

Abstract


Abstrak: Drill and practice merupakan metode pembelajaran yang diterapkan dalam multimedia pembelajaran dimana siswa melaksanakan kegiatan latihan yang nantinya keterampilan tersebut menjadi kebiasaan. Hal ini dapat diterapkan saat belajar Bahasa Jepang, mengingat banyak siswa yang kurang tertarik dikarenakan metode pembelajaran yang masih konvensional. Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan produk program aplikasi multimedia drill and practice ungkapan sehari-hari yang diaplikasikan pada media pembelajaran Bahasa Jepang di SMAN 9 Malang. Produk yang dikembangkan memiliki rincian yaitu konten materi serta bentuk konten dan pengemasan. Pada penelitian ini menerapkan metode pengembangan Lee & Owens. Validasi ahli media dengan data kuantitatif menghasilkan persentase 93 % dan termasuk dalam kriteria (76%-100%) dan dikategorikan valid. Validasi ahli materi dengan data kuantitatif menghasilkan persentase 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk multimedia drill and practice Bahasa Jepang tersebut termasuk dalam kriteria valid atau dapat diaplikasikan untuk pembelajaran.

Abstract: Drill and practice is a learning method that is applied in multimedia learning where students carry out training activities which later these skills become habits. This can be applied when learning Japanese, considering that many students are less interested due to conventional learning methods. Research and development aims to produce a multimedia application program drill and practice everyday expressions that are applied to Japanese language learning media at SMAN 9 Malang. The product developed has details namely material content as well as content and packaging forms. In this study applying the Lee & Owens development method. Validation of media experts with quantitative data yields a percentage of 93% and is included in the criteria (76% -100%) and is categorized valid. Material expert validation with quantitative data yields a percentage of 92%. So it can be concluded that the Japanese multimedia drill and practice product is included in the valid criteria or can be applied for learning.


Keywords


Multimedia; Drill and Practice; Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-Hari

Full Text:

PDF

References


Ana Mualimah, Henry Praherdhiono, Eka Pramono Adi. 2019. Pengembangan Kuis Interaktif Nahwu Sebagai Media Pembelajaran Drill And Practice Pada Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3).

Muchammad Azwar Anas, Yerry Soepriyanto, Susilaningsih Susilaningsih. 2018. Pengembangan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan Untuk SMK Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol 1(4). 307-314.

Anderson, J & Bower, G. 1974. A Propositional Theory of Recognition Memory. Springer Link, 2(3), 406-412.

Antika, R.R. 2014. Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). Biokultur, 3(1), 251-263.

Candra, B.S & Sudarso. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Drill and Practice terhadap Hasil Belajar Chest Pass pada Permainan Bola Basket (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Mojokerto). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(1), 141-145.

Daryanto, D. 2013. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dyas Nurika P., Punaji S., Arafah Husna. 2020. Pengembangan Multimedia Tutorial sebagai Suplemen pada Mata Pelajaran Kimia Materi Asam dan Basa Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 6(2).

Fauzia, N. 2018. The Use of Drill, Vocabulous (Vocabulary Various) and Computer Assisted Language Learning (Call) in Learning Vocabulary. Journal of Learning Teaching Adi Buana, 3(1), 11-27.

Ghasemi, B., Hashemi, M., & Bardine, S. H. (2011). The Capabilities of Computers for Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28 58 – 62.

Heinich, R., Molenda, M., Russel, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning 7th Edition. New Jersey: Pearson Education.

Julianti, K & Putrama, I. 2018. Pengaruh Media Augmented Reality Tata Cara Penulisan Huruf Jepang (Hiragana dan Katakana) pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang terhadap Hasil Belajar Siswa. E-Jurnal Undiksha, 7(3), 45-49.

Lee, W & Owens, D. 2004. Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.

Lukman Arief N., I Nyoman Sudana D., Agus W. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3).

Mayer, R. 2009. Multimedia Learning - Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mediawati, E. 2011. Pembelajaran Akutansi Keuangan melalui Media Komik untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 68-76.

Merra R., Saida U., Agus W. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Panjura Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 4(2).

Munir. 2015. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mochammad Farid Y., Anselmus JE T., Agus W. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ipa Materi Atmosfer Bumi Kelas Viii Smpn 3 Tulungagung. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1).

Novita Sholehatul U., Eka Pramono A., Saida U. 2019. Multimedia Tutorial Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1).

Nur Fauzia (2018). The Use Of Drill, Vocabulous (Vocabulary Various) And Computer Assisted Language Learning (Call) In Learning Vocabulary. 11-27.

Padlurrahman., Hary Murcahyanto (2014). Pengembangan Paket Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Drill And Practice Melalui Model Pembelajaran Berbantuan Komputer : Analisis Kebutuhan Di SMA/MA Kabupaten Lombok Timur.

Paivio, A. 2006. Dual Coding Theory and Education. USA: The University of Michigan School of Education.

Roestiyah, N.K. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Saraswati, L., Sugihartini, N., & Prandnyana, I. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Quipper School terhadap Hasil Belajar Lintas Minat Biologi pada Siswa Kelas X Bahasa Semester Genap di SMA Negeri 1 Sawan. E-Jurnal Undiksha, 7(3). 68-76.

Seels, B.B & Richey, R.C. 2012. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field 1994 Edition. Charlotte: Information Age Publishing.

Shalahuddin, M. 1987. Metodologi Pengajaran Agama. Surabaya: Bina Ilmu.

Shinta Kusuma W., Punaji S., Arafah H. 2019. Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas Vii Mts Raudlatul Ulum Karangploso. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1).

Sihkabuden. 2011. Media Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan.

Siska Kusumawardani, Zaitun (2018). Drill Strategy In Memorizing Short Surah Of Holy Qur’an Of The 3rd Grades Of SD Labschool FIP UMJ. Drill Strategy, Effectiveness, Short Surah Of Holy Qur’an. 8-47.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i22020p187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fara Nabila Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats