Efektivitas Penggunaan Video dengan Pengayaan Tokoh dan Animasi terhadap Pemahaman Konseptual Siswa

Evi Iqlimatul Fauziyah, Henry Praherdhiono, Saida Ulfa

Abstract


Abstrak: Dalam pembelajaran tradisional, siswa tidak dapat mengulang lagi penjelasan guru di luar kelas. Salah satu solusi bagi siswa yang pemahaman konseptualnya rendah yaitu siswa bisa mengikuti bimbingan belajar. Kesamaan dalam fitur bimbingan belajar online yaitu menghadirkan video dengan pengayaan tokoh dan animasi. Fitur tersebut adalah bentuk dari Agent pedagogical. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas video dengan pengayaan tokoh dan animasi terhadap peningkatan pemahaman konseptual pelajaran sains materi tata surya di kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental dengan One Group Pretest Postest Design. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji n-gain. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi (Sig.) 0,000 yakni lebih kecil dari probabilitas (0,05). Video dengan pengayaan tokoh dan animasi mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual siswa. Agent pedagogical pada video tersebut dapat digunakan sebagai inovasi pendidikan.

Abstract: In traditional learning, students cannot repeat the teacher's explanation outside the classroom. One solution for students who have low conceptual understanding is that students can take tutoring. The similarity in online tutoring features is to present videos with character enrichment and animation. This feature is a form of the pedagogical agent. The purpose of this study is to determine the effectiveness of video with character enrichment and animation to increase conceptual understanding of science subjects in the solar system in class VII junior high school. This study uses a pre-experimental method with One Group Pretest Postest Design. Data analysis used paired sample t-test and n-gain test. Based on the results of data analysis, the significance value (Sig.) 0.000 is smaller than the probability (0.05). Videos with character enrichment and animation can improve students' conceptual understanding abilities. The pedagogical agent in the video can be used as an educational innovation.


Keywords


Video Pembelajaran; Tokoh; Animasi; Pemahaman Konseptual; Sains; Agen Pedagogis

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih. (2015). “Video” Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pancaran Pendidikan, 4(1).

Alamsyah, Rizki. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3).

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baylor, A. L. (1999). Intelligent agents as cognitive tools. Educational Technology, 39 (2), 36–40

Baylor, A. L., Kim, Y. (2005). Simulating Instructional Roles through Pedagogical Agents. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 15(2).

Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: Longmans.

Chin, D. B., Dohmen, I. M., Cheng, B. H., Oppezzo, M. A., Chase, C. C., Schwartz, D. L. (2010). Preparing students for future learning with Teachable Agents. Education Tech Research Dev. 58(6).

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. dan Varghe se, C. (2016). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3).

Enterprise, J. (2010). 30 Bisnis Berbasis Ide Untuk Siapa Pun. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Gideon. (2018). Peran Media Bimbingan Belajar Online “Ruangguru” Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Smp Dan Sma Masa Kini: Sebuah Pengantar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(2).

Gulz, A. (2005). Social enrichment by virtual characters—Differential bene fi ts. Journal of Computer Assisted Learning, 21 , 405–418.

Haking, Deo. Dedika., Soepriyanto. Yerry. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran Pjok Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4).

Hasan, M. F., Parubak, A. S., & Yogaswara, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Rumah Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X MIA SMA Santo Paulus Manokwari pada Materi Reaksi Redoks. Chemistry Education Journal. Dari : http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/acce.

Heidig, S., & Clarebout, G. (2011). Do pedagogical agents make a difference to student motivation and learning? Educational Research Review, 6(1).

Harsono, Beni. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2).

Ilmy, N. A. (2014). Pengaruh Pembelajaran Direct Instruction Dengan Suplemen Rumah Belajar (Situs E-Learning Kemdikbud) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Saraf Manusia. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta:FITK UIN Syarif Hidayatullah.

Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Johnson, W. L., Rickel, Jeff. (1997). Steve: An Animated Pedagogical Agent For Procedural Training In Virtual Environments. ACM SIGART Bulletin, 16(1).

Johnson, W. L., Lester, J. C. (2016). Face-to-Face Interaction with Pedagogical Agents, Twenty Years Later. International Artificial Intelligence in Education Society, 26(1).

Martha, A. S. D., Santoso, H. B. (2019). The Design And Impact Of The Pedagogical Agent: A Systematic Literature Review. Journal of Educators Online, 8(1).

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics A Posibble Hidden Variable in Diagnostic Pretes Scores. American Association of Physics Teachers, 70(12).

Muslimin, M. I. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Ii Sd. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 6(1).

Nashrullah, Nadhif., Sulton., Soepriyanto. Yerry. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi Dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4).

Puri, D. T. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konseptual Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas X Sma Negeri 1 Gombong. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(6).

Ramadhayanti, Ana. (2018). Analisis Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online Terhadap Kemampuan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris Dan Pronunciation (Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja Saat Ini. Jurnal Kredo, 2(1).

Safrudin, H. (2014). Pengaruh Pelayanan Bimbingan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(1).

Smarabawa, Arnyana, & Setiawan. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, Dina. (2011). Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(7).

Veletsianos, G., & Russell, G. S. (2014). Pedagogical agents. In Handbook of Research on Educational Communications and Technology (pp.759-769). Springer, New York, NY.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i42020p448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Evi Iqlimatul Fauziyah, Henry Praherdhiono, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats