Efektivitas Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Materi Sistem Koordinasi

Jayanti Noor Purbo Rukmi, Sulton Sulton, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Penelitian dipakai guna menilai efektivitas model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif pelajar pada pelajaran Biologi materi sistem koordinasi daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini demi membantu pengajar menentukan model pembelajaran yang efektif. Dalam mengkajinya, memakai desain post-test only. Hasil penelitian pada kelas eksperimen nilai rata-rata post-test sebesar 69,09 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata post-test sebesar 61,74. Hasil uji independent samples t-test diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) 0,044 < 0,05. Bisa dibuat kesimpulan bila model pembelajaran Team Game Tournament lebih efektif dalam pelajaran Biologi materi sistem koordinasi daripada model pembelajaran konvensional.

Abstract: Research used to assess the efectiveness of the Team Game Tournament (TGT) learning model on students cognitive learning outcomes in Biology lessons on the coordination system material rather than using conventional learning models. This is to help educators determine effective learning models. In this research using a post-test only design. The results of the research in the experimental class post-test average value of 69,09 while the control class post-test average value of 61,74. The results of independent samples t-test are known that the value of Sig.(2-tailed) 0,044 < 0,05. It can be concluded that the Team Game Tournament learning model is more effective in the Biology lesson of the coordination system material than the conventional learning model.


Keywords


Model Pembelajaran; Team Game Tournament (TGT); Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF PDF

References


Al Tabany, Trianto I.B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Amri, Sofan. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.

Andaningsih, W., & Wilujeng, S. (2015). Studi Komparasi Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Antara Tipe Stad Dan Tgt Berdasarkan Karakeristik Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Sentani. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2), 50-62. Retrieved from http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIPI/article/view/356

Andrini, V. S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students' Learning Outcome: A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38-42. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1089825.pdf

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Astrissi, D. O. S. A. G., Sukardjo, J. S., & Hastuti, B. (2014). Efektivitas model pembelajaran teams games tournament (tgt) disertai media teka teki silang terhadap prestasi belajar pada materi minyak bumi siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(2), 22-27. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/126433-ID-none.pdf

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 1-5. Retrieved from http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/viewFile/405/385

Cimermanová, I. (2018). The Effect of Learning Styles on Academic Achievement in Different Forms of Teaching. International Journal of Instruction, 11(3), 219-232. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1183439.pdf

Darmawati. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan Aktivitas Setting Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD Negeri 002 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Edu Research, 5(1), 5-14. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/af77/564b2590a808fd436c6e46ab36da735c5663.pdf

Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gull, F., & Shehzad, S. (2015). Effects of cooperative learning on students' academic achievement. Journal of Education and Learning, 9(3), 246-255. Retrieved from https://core.ac.uk/reader/295387926

Hikmah, M., Anwar, Y., & Hamid, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Dunia Hewan Kelas X Di Sma Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 5(1), 46-55. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/fpb/article/view/7049

Irviana, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(1), 56-70. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/2041

Isjoni. (2009). Cooperative Learning:Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muawanah. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pokok Bahasan Bangun Ruang Sederhana Semester II Kelas IV Di MI Sultan Fatah Demak Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3264

Nurhidayah, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Gamestournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 226-239. Retrieved from https://jptam.org

Nursifa, Ayu. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Di MIN 2 Bandar Lampung. Skripsi diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Paolini, A. (2015). Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. Journal of Effective Teaching, 15(1), 20-33. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1060429.pdf

Prastiyo, Fendy. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN Sepanjang 2. Surakarta: Kekata Group.

Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3d di Tinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 143-154. Retrieved from http://103.88.229.8/index.php/al-jabar/article/view/43

Ritonga, M. N. (2017). Application of Team Games Tournament to Increase Students’ Knowledge in National Economic of Indonesia. Asian Journal of Management Sciences & Education, 6(4), 118-125. Retrieved from http://www.ajmse.leena-luna.co.jp/AJMSEPDFs/Vol.6(4)/AJMSE2017(6.4-11).pdf

Salam, A., Hossain, A., & Rahman, S. (2015). Effects of Using Teams Games Tournaments (TGT) Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary Schools of Bangladesh. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 3(3), 35-45. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1085938.pdf

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, E.K. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Ditinjau Dari Hasil dan Minat Belajar Siswa Kelas VIII-D SMP Pangudi Luhur I Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 Dengan Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. Skripsi diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Sanjaya, Wina. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sarkadi. (2019). Tahapan Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Slavin, R. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Soleh, M. I., Kurnia, D., & Sunarya, D. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran PIPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2101-2110.

Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(1-3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/6917/4716

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. (2017). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SB Algesindo.

Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, I. (2016). Peningkatan motivasi belajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN. Jurnal studi sosial, 4(1), 14-19. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/viewFile/10963/7812

Taniredja. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Tran, V. D. (2014). The effects of cooperative learning on the academic achievement and knowledge retention. International journal of higher education, 3(2), 131-140. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1067568.pdf

Yaumi, Muhammad. (2017). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua. Jakarta: Kencana

Yuda, R. S. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Teams Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 1 Toyudan. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2014). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 323-330. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/viewFile/3820/2723




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i42020p456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jayanti Noor Purbo Rukmi, Sulton Sulton, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats