Hubungan Antara Penggunaan Google Classroom Dengan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI

Dhifa Putra Ramadhan, Susilaningsih Susilaningsih, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan adakah hubungan yang signifikan antara penggunaan Google Classroom dengan hasil belajar pebelajar kelas XI. Jenis penelitian ini ialah penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah USE Questionnaries dan hasil penialaian akhir semester pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang yang ditentukan melalui teknik propotional random sampling dengan cara undian. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar dan hubungan tersebut berjenis hubungan positif, artinya kenaikan pada nilai variabel penggunaan Google Classroom yang selalu disertai kenaikan nilai variabel hasil belajar, dan sebaliknya, turunnya nilai pada variabel Google Classroom selalu diikuti dengan turunnya nilai hasil belajar.


Keywords


Google Classroom; USE Questionnaries; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2014). The role of e-learning, the advantages and disadvantages of its adoption in. International Journal of Education and Research, 397-410.

Ashadi, N. R., & Suhaeb, S. (2020). Hubungan Pemanfaatan Google Classroom Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK Pada Masa Pandemi. Jurnal Media Elektrik, Vol. 17 No. 2, 46-51.

Asnawi, N. (2018). Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). RESEARCH: Computer, Information System & Technology Management, 1(1), 17-21.

Cindy, C. A., Herlinda, M. K., & Nuril, L. A. (2019). Perbandingan Efektifitas Proses Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning dan Konvensional. Literacy based Character and Professionalism Enhancement for Educators in Facing Industrial Revolution 4.0, 36-39.

Curtis, E. A., Comiskey, C., & Dempsey, O. (2016). Importance and use of correlational research. Nurse researcher.

Englishtina, I. (2019). Using ‘Google Classroom’ App for Teaching Language. Big Data, Campus Automation, and Learner Management System Integration, 334-344.

Esichaikul, V., Lamnoi, S., & Bechter, C. (2011). Student Modelling in Adaptive E-Learning Systems. Knowledge Management & E-Learning: An International Journal, 3(3), 342-355.

Filippova, T. (2015). Priority Fields of E-learning Development in Russia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 348-353.

Gao, M., Kortum, P., & Oswald, F. (2018). Psychometric Evaluation of the USE (Usefulness, Satisfaction, and Ease of use) Questionnaire for Reliability and Validity. Proceeding of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works And How?. Journal of Education and Social Sciences, 3, 12-18.

Kasih, A., & Delianti, V. I. (2020). Analisis Usability Nagari Mobile Banking Menggunakan Metode Usability Testing dengan Use Questionnaire. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 8(1), 125-131.

Mahmoud, A. Y., Barakat, M. S., & Ajjour, M. J. (2016). Design and Development of ELearning. Journal of Multidisciplinary Engineering Science Studies, 498-504.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika, 2(1), 50-59.

Okmawati, M. (2020). The Use Of Google Classroom. Journal of English Language Teaching, 438-443.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56-60.

Rabbi, M. M. F., Zakaria, A., & Tonmoy, M. M. (2018). Teaching Listening Skill through Google Classroom: A Study at Tertiary Level in Bangladesh. vol, 3, 2-7.

Rahmad, R., Wirda, M. A., Berutu, N., Lumbantoruan, W., & Sintong, M. (2019, March). Google Classroom Implementation In Indonesian Higher Education. In Journal of Physics: Conference Series.

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The Effect of Flipped-Problem Based Learning Model Integrated with LMS-Google Classroom for Senior High School Students. Journal for the Education of Gifted Young, 137-158.

Sadiman, A. (2010). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, M. R., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Digitalisasi Media Objek 3 Dimensi Kabel Fiber Opticberbantuan Piramida Hologram Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 366-376.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Smedley, J. (2010). Modelling the impact of knowledge management using technology. OR Insight, 233-250.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Sukmawati, S., & Nensia, N. (2019). The Role of Google Classroom in ELT. International Journal for Educational and Vocational Studies, 142-145.

Susanti, L. (2016). Hubungan Penggunaan Google Classroom Sebagai Pembelajaran Efektif dan Paperless Terhadap Nilai Hasil Belajar Kognitif Pada Pelajaran Biologi di SMA Charis Malang. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Psikologi Pendidikan 2016.

Tinungki, G. M., & Nurwahyu, B. (2020). The Implementation of Google Classroom as the E-Learning Platform for Teaching Non-Parametric Statistics during COVID19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 5793-5803.

Yodha, S. A., Abidin, Z., & Adi, E. P. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 181-187.

Youssef, A. E. (2012). Exploring cloud computing services and applications. Journal of Emerging Trends in Computing and Information Sciences, 3(6), 838-847.

Yusuf, N. R., Bektiarso, S., & Sudarti. (2020). Pengaruh Model PBL Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil belajar Siswa. Jurnal Kajian Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 230-235.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dhifa Putra Ramadhan, Susilaningsih, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats