Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Moh Hadihabibi, Zainul Abidin, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Kemampuan siswa berpikir kreatif dapat ditingkatkan dengan menaikkan skor kemampuan siswa untuk memahami masalah, kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan penyelesaian masalah. Hal tersebut selaras sama fungsi  pemetaan pikiran yaitu sebuah teknik menulis materi yang dipelajari dan memprediksi permasalahan yang  dihadapi dalam bentuk grafik sehingga mempermudah memahaminya. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh model mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis Penelitian yang diguunakan yaitu penelitian kuantitatif menggunakan quasi experimental design. Penelitian ini memakai Uji independent sample t test. Data diolah dengan berbantuan SPSS 20. Hasil pengolahan data, terdapat nilai sig (2-tailed) sebesar 0,044<0,05, berarti hipotesis nihil (H0) ditolak. Sehingga ada perpedaan antara kelas eksperimen melebihi dari kelas kontrol. Kelas Eksperimen lebih unggul nilai rata-ratanya dengan kelas kontrol. Oleh karena itu terdapat pengaruh model pemetaan pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif anak didik pada mata pelajaran IPS  dibanding kemampuan berpikir kreatif anak didik yang  tidak memakai model pemetaan pikiran.


Keywords


Mind mapping, Kemampuan berpikir kreatif, Ilmu pengetahuan sosial

Full Text:

PDF

References


Acesta, A. (2020). Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. 4(2), 581-586.

Arulselvi, E. (2017). Mind Maps in Classroom Teaching and Learning. The Excellence in Education Journal. 6(2).

Arriah, F. (2019). Pengaruh penerapan metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar. 11(2).

Bawaneh, A. K. (2019). The effectiveness of Using Mind Mapping on Tenth Grade Students' Immediate Achievement and Retention of Electric Energy Concepts. Turkish Science Education. 16(1).

Buzan,T. (2011). What Is Mind Map. [Online]. (Diakses Melalui Http://Www.TonyBuzan.Com/About/Mind-Mapping/ Pada Tanggal 10 Mei 2020).

Brett, D. J., Ruff, C., Snyder, J. D., Petrich, B., & Koonce, C. (2012). The Effects of Mind Mapping Activities on Students' Motivation. The Scholarship of Teaching and Learning. 6(1).

Carolina, S. A., Yaya, S. K., Jozua, S., & Jarnawi, A. D. (2016). The Enhancement of Mathematical Reasoning Ability of Junior High School Students by Applying Mind Mapping Strategy. Education and Practice. 7(25).

Darusman, R. (2014). Penerapan metode mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 3(2).

Gargouri, C., & Naatus, K. M. (2017). An experiment in mind-mapping and argument mapping: Tools for assessing outcomes in the business curriculum. Business Education & Scholarship of Teaching. 11(2), 39-78.

Hidayat, H. dkk. (2020). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan. 21(1), 38-50.

La Moma. (2013). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui

Pembelajaran Generatif Siswa Smp. Prosiding. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Maskur, R. dkk. (2019). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. Educational Research. I9(1), 375-388.

Mirna. (2014). Pengaruh Mind Map Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 8 Padang, Jurnal Pendidikan. 2 (7).

Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:Rineka Cipta.

Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I. M., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability. Instruction. 12(3).

Olivia, Femi. (2014).5-7 Menit Asyik Mind Mapping Kreatif. Jakarta : PT.Gramedia.

Prabha, T., & Aziz, A. A. (2020). Effectiveness of Using Poly Category Mind Map for Vocabulary Development. Arab World English Journal. 11(2), 214-231.

Priantini, D. A. M. M. O., Atmadja, N. B., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPS. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. Vol 3.

Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Pengaruh metode mind mapping terhadap strategi thinking aloud pair problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Journal On Education. 1(2), 271-278.

Sarmi. (2020). Penggunaan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan penguasaan materi pelajaran ekonomi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3(1), 78-87.

Sabbah, S. S. (2015). The effect of college students’ self-generated computerized mind mapping on their reading achievement. Education and Development using Information and Communication Technology. 11(3), 4-36.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswanto, R. D., & Awalludin, S. A. (2018). Pengaruh pembelajaran dengan menggunakan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 1.

Sulistiyanto, E., Mahanal, S., & Saptasari, M. (2017). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif melalui pembelajaran biologi berbasis speed reading-mind mapping (SR-MM). Jurnal Pendidikan. 2(9), 1226-1230.

Widiana, I. W., & Jampel, I. W. (2016). Improving Students’ Creative Thinking and Achievement through The Implementation of Multiple Intelligence Approach with Mind Mapping. Evaluation and Research in Education. 5(3), 246-254.

Wulandari, F. A., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(1), 10-16.

Yanti, Sudia & Arapu. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan, Jurnal Pendidikan. 7 (3).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh Hadihabibi, Zainul Abidin, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats