Multimedia Berjenis Interaktif Materi Indahnya Keanekaragaman Budaya Di Negeriku Untuk Kelas IV

Novia Kuswidayani, I Nyoman Sudana Degeng, Agus Wedi

Abstract


Interactive type multimedia is an alternative media that can help students learn independently. The research which aims to create multimedia learning media with interactive material, the beautiful cultural diversity of my country for grade 4 students, is appropriate for students to learn. This research is a type of research and development (Research and Development). The model used in this study is the Lee & Owens (2004) development model. Perform trials on experts on media and experts on the material selected in the categories Good to Very Good, after and the responses of students who act as users of learning media who choose the Good Very Good category on questionnaires that have been related to interactive multimedia types that have been developed. With the results obtained, it shows that the interactive type of multimedia, the subject of the beauty of the cultural diversity of my country that has been developed, is suitable for use in learning activities and can be an alternative source of social studies learning for grade IV students.

Abstrak

Multimedia berjenis interaktif merupakan salah satu alternatif media yang dapat membantu murid belajar secara mandiri. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menciptakan media pembelajaran multimedia berjenis interaktif materi indahnya keanekaragaman budaya negeriku untuk kelas 4 yang tepat murid gunakan untuk belajar. Penelitian tersebut adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Lee & Owens (2004). Setelah melakukan uji coba terhadap ahli pada media dan ahli pada materi yang memilih ketegori Baik hingga Sangat Baik, dan tanggapan murid yang mempunyai peran sebagai pengguna media pembelajaran memilih kategori Baik hingga Sangat Baik terhadap angket yang telah dibagikan yang berkaitan dengan multimedia berjenis interaktif yang telah dikembangkan. Dengan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa multimedia berjenis interaktif, pokok bahasan indahnya keanekaragaman budaya negeriku yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat menjadi alternatif sumber belajar IPS untuk murid kelas IV.


Keywords


Multimedia, Interaktif, Kelas IV

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 11-18.

Arda., Saehana, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Murid SMP Kelas VII. e-Jurnal Mitra Sains, 3 (1), 69-77.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arinda, F. D. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1 (4), 302-306.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Astuti, F. K., Cahyono, E., Supartono., Van, N. C., & Duong, T. D. (2018). Effectiveness Of Elements Periodic Table Interactive Multimedia In Nguyen Tat Thanh High School. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 2 (1), 1-10.

Azhar Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Penjumlahan Pada Bilangan Bulat Untuk Murid Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9 (1), 9-22.

Ditama, V., Saputro, S., & Catur, A. N. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Program Adobe Flash Untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (2), 23-31.

Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1 (1), 1-9.

Fatmala, D., & Yelianti, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Plantae Untuk Murid SMA Menggunakan Eclipse Galileo. BIODIK, 2 (1).

Fitriyadi, H. 2013. Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi, Implementasi dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21 (3), 271-272.

Handayani, S. N., Sihkabuden., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Seni Tari Jawa Timur Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMP Negeri I Karangan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1 (1), 63-69.

Heriyanto, A., Haryani, S., & Sedyawati, S. M. R. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Education Game Sebagai Media pembelajaran Kimia. Chemistry in Educatuon, 3 (1), 1-7.

Illahi, T. A. R., Sukartiningsih, W., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Materi Jenis-jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4 (3).

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2 (1).

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design, (2nd Ed.) SanFransisco: Pffeiffer

Nafi’a, M. Z. I., Degeng, I. Y. S., & Soepriyanto, Y. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perkembangan Kemajuan Teknologi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3 (3), 272-281.

Novana, T., Sukaesih, S., & Prasetyo, A. P. B. (2012). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbahasa Inggris Materi Vertebrata Sebagai Suplemen Pembelajaran Di SMA. Unnes Journal of Biology Education, 1 (1), 40-46.

Nusir, S., Alsmadi, I., Al-Kabi, M., & Sharadgah, F. (2013). Studying The Impact Of Using Multimedia Interactive Programs On Children’s Ability To Learn Basic Math Skills. E-Learning and Digital Media, 10 (3), 305–319.

Putri, I. P., & Sibuea, A. M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 1 (2), 145-155.

Putri, R. M., Risdianto, E., Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmoni Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 2 (2), 113-120.

Rachmawati, F. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Mengenal Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Murid Kelas V SD Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Simki-Pedagogia, 2 (6), 2-9.

Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Journal Of Education Technology, 3 (3), 126-133.

Rokhayani, D., Kuswandi, D., & Abidin, Z. (2019). Multimedia Interaktif Berbasis Game Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2 (2), 102-108.

Saifudin, M. F., Susilaningsih., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Memudahkan Belajar Murid SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3 (1), 68-77.

Sanusi., Suprapto, E., &Apriandi, D. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (Sma). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3 (2), 398-416.

Septiana, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pemahaman Konsep Murid. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 13 (1), 84-90.

Sukoco., Arifin, Z., Satiman., & Wakid, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22 (2), 215-226.

Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas VII MTS Raudlatul Ulum Karangploso. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 23-29.

Wiana, W. (2017). Application Design Of Interactive Multimedia Development Based Motion Graphic On Making Fashion Design Learning In Digital Format. International Journal Of Scientific & Technology Research, 6 (5), 102-108.

Widayat, W., Kasmui., & Sukaesih, S. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media pembelajaran IPA Terpadu Pada Tema Sistem Gerak Pada Manusia. Unnes Science Education Journal, 3 (2), 535-541.

Wiyana., Umar, H. S., Usman, A. (2013). Pengembangan Multimedia Untuk Perolehan Belajar Konsep Reproduksi Manusia Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas IX. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1-12.

Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 5 (1), 75-86.

Yunita, R., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Fotosintesis Untuk Murid Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2 (4), 284-289.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i32021p299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novia Kuswidayani, I Nyoman Sudana Degeng, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats