Pengembangan Screencast Software CAD Untuk Pembuatan Pola Busana
Abstract
Distance learning will continue to develop using a variety of effective communication technologies. Overcoming the difficulties of the online learning process for practical materials at LKP Arva School of Fashion, it takes learning media that can be accessed by students anywhere and anytime. This study aims to develop a product in the form of media with a screencast type of pattern making based on the CAD Pattern system, namely Richpeace, to increase the effectiveness of online practical learning. This research method uses ADDIE with the steps of analysis, design, development, implementation and evaluation. This article has only reached the development stage with the final process of media validation based on the responses of media and material experts. From the results of the screencast media trial to students, it was declared valid and feasible and proven to be able to improve students' abilities in making peplum skirt patterns based on CAD pattern making at Arva School of Fashion.
Abstrak
Pembelajaran jarak jauh akan terus berkembang dengan menggunakan beragam teknologi komunikasi yang efektif. Mengatasi kesulitan proses pembelajaran online untuk materi praktik di LKP Arva School of Fashion, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat diakses oleh peserta didik dimana pun dan kapan pun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media dengan jenis screencast pembuatan pola berbasis CAD Pattern system yaitu Richpeace, untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran praktik secara online. Metode penelitian ini menggunakan ADDIE dengan langkah-langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Artikel ini hanya sampai pada tahap pengembangan dengan proses terakhir validasi media berdasarkan tanggapan ahli media dan materi. Dari hasil uji coba media screencast ke peserta didik dinyatakan valid dan layak serta terbukti mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membuat pola rok peplum berbasis CAD pattern making di Arva School of Fashion.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, R., Toenlioe, A. J., & Husna, A. (2019). Pengembangan video pembelajaran kepenyiaran materi produksi program televisi untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229-236.
Andini, A., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Screencast untuk Belajar Software Animasi 3D. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 297-305.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
Evatasari, F. F., Abidin, Z., & Soepriyanto, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Screencast Dos Command Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 207-215.
Febrianto, G. L., Sulton, S., & Praherdiono, H. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Pelatihan Instalasi Tenaga Listrik. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 150-157.
Handayani, Siska (2018). Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Membuat Pola Dasar Rok Secara Konstruksi Di Kelas X Tata Busana 3 SMK Negeri 6 Surabaya. E-Journal, 07, 18–21.
Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/
Irmayanti, I. I., Hamidah, H., & Achmadi, T. A. (2020). Pengaruh Penerapan Video Tutorial CAD Pembuatan Pola Blus terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(2), 171-178.
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 2(1), 158-166.
Kustandi, Cecep, & Darmawan, Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Kustandi, Cecep, & Sutjipto, Bambang. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Sosiologi. VIII, 224–231.
Mulyono, A. B., Abidin, Z., & Husna, A. (2019). Pengembangan Media Video Pengoperasian Kamera DSLR Sebagai Suplemen Mata Pelajaran Di Jurusan Multimedia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 290-296.
Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94-103.
Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi Dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327-332.
Putra, B. T., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Screencast sebagai Electronic Performance Support System dalam Pemanfaatan Sipejar UM. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 252-260.
Retnaningsih, R. (2020). E-Learning system sebuah solusi pragmatis program vokasional semasa pandemi COVID-19. Jurnal Taman Vokasi, 8(1), 28–34.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Soepriyanto, Y. (2019). Peran Screencast dalam Memfasilitasi Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 67-73.
Soepriyanto, Y., Ulfa, S., & Toenlioe, A. J. (2020, December). Screencast for Learning DOS Command. In 6th International Conference on Education and Technology (ICET 2020) (pp. 393-397). Atlantis Press.
Soepriyanto, Y., Banurohman, M., & Sulthoni, S. (2021, December). The Effectiveness of Screencast for Understanding Computer Command Interfaces. In International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021) (pp. 220-225). Atlantis Press.
Suryani, H., & Yahya, M. (2018). The Effectiveness of Clothing Pattern Making Students. 201(Aptekindo), 311–316.
Wahyuningsih, Dian & Makmur, Rakhmat. (2017). E-learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika.
Warno, K., & Widihastuti, A. T. (2020). Pengembangan Video Tutorial Teknolo Busana Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa D4 Tata Busana FT UNY. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 15(1).
Widjiningsih., Sugiyono., & Gafur, A. (2014). Efektivitas Dan Efisiensi Pembelajaran Teknik Draping Berbantuan Video Di Perguruan Tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 62–70. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1862
Yosanti, A. S. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pembuatan Pola Dasar Badan Wanita Dengan Sistem Draping. Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(2), 410-416.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i12022p100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Vammela Mega Muslichah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)