HUBUNGAN GAYA BELAJAR BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Mufardisah Arief, Sihkabuden Sihkabuden, Saida Ulfa

Abstract


Seorang peserta didik disebut berhasil dalam kegiatan belajar adalah apabila terdapat perubahan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Tercapai atau tidaknya sebuah tujuan pembelajaran bisa diperhatikan dari hasil belajarnya. Sedangkan hasil belajar itu sendiri berkaitan dengan  bagaimana guru/dosen memahami peserta didiknya terutama karakteristiknya. Dalam hal ini penulis mengambil gaya belajar sebagai salah satu karakteristik peserta didik dimana ia adalah suatu gabungan dari proses menyerap, kemudian mengatur dan mengolah informasi. Gaya belajar yang ada  pada masing-masing individu juga dipengaruhi oleh gender. Rancangan  penelitian yang dipakai adalah penelitian korelasional, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi sebesar 339 mahasiswa dengan sampel 150 mahasiswa (75 laki-laki dan 75 perempuan). Data didapatkan melalui pengisian instrumen gaya belajar mahasiswa (Kolb’s Inventory Learning Style). Uji analisis menggunakan independent sample t-test dan uji korelasi Spearman. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa preferensi gaya belajar mahasiswa dominan pada tipe gaya belajar Diverger sebanyak 33%  dan Converger sebanyak 29% . Sedangkan gaya belajar Assimilator sebesar 11%, Accomodator sebesar 8% dan gaya belajar campuran 23%. Berdasarkan uji beda menggunakan independent sample t-test , tidak terdapat perbedaan antara nilai gaya belajar mahasiswa laki- laki dan perempuan dengan nilai t hitung sebesar 0,353 dan nilai t tabel 1,976  (t hitung < t tabel).  Kemudian, tidak terdapat hubungan pada gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa dengan nilai korelasi yang berbeda-beda pada setiap tipe gaya belajar. Itu artinya Hₒ diterima dan Hₐ ditolak. Namun, ada salah satu tipe gaya belajar yang memiliki hubungan yang signifikan, yakni gaya belajar Converger.

 Kata Kunci : gaya belajar, hasil belajar, gender, kolb


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budanyanya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

DePorter, B & Hernacki, M. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (terjemahan Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa (Buku asli diterbitkan tahun 1992).

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Gollnick, Donna M., Chin, Philips. 2013. Multicultural Education In a Pluralistic Society (Ninth Edition). USA : Pearson International Edition.

Kolb, Alice Y. 2005. The Kolb Learning Style Inventory Version 3.1 2005 Technical Specifications. Boston. : HayGroup.

Muthoharoh, U., Budiyono, dan Nugraheni, P. 2012. Hubungan Gender terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP.Jurnal.(Online). (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/download/1174. diakses pada 2 Januari 2018; 21.22 WIB). 5hml

Richey, R. C., Silber, K.H., & Ely, D.P. (2008). Reflections on the 2008 AECT Definitions of the Field. TechTrends, 52(1), 24-25.

Rusman. 2014. Model –Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Rusman, Tedi. 2015. Statistika Penelitian dan Aplikasinya dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santrock, John W. 2014. Psikologi Pendidikan Edisi kelima Buku kedua. Jakarta : Salemba Humanika.

Sudjana, Nana.2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, Nadia. 2017. Identifikasi Gaya Belajar berdasarkan Gender dan Hubungan denga Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII se-Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung : FKIP Universitas Lampung.

Yurdin, Muhajirin. 2013. Hubungan Gaya Belajar dengan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru. Jurnal Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar. http://diglib.unm.ac.id/download.php?id=408. Diunduh pada tanggal 12 Februari 2018, 14.22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mufardisah Arief, Sihkabuden Sihkabuden, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
Jinotep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.