PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG BERUPA SUPLEMENT PADA MUATAN LOKAL KHAS NGAWI

Muhammad Andri Wicaksono, Sihkabuden Sihkabuden, Arafah Husna

Abstract


Muatan lokal adalah mata pelajaran yang di kembangkan melalui lembaga pendidikan yang secara keseluruhan dikaitkan kebutuhan daerah lokal, ciri khas, keunggulan dan potensi daerah setempat.  Hal tersebut yang mendasari beberapa sekolah pada satuan pendidikan menengah pertama, untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi sekolah melalui mata pelajaran muatan lokal. Namun dalam proses tersebut, pendidik mengalami kesulitan untuk menjelaskan dan membuat siswa mengerti dengan pelajaran muatan lokal. Oleh karena itu, pengembang ingin membantu pendidik untuk lebih mudah dalam penyampaian materi kepada siswa menggunakan media smartphone android. Siswa bisa mempelajari materi muatan lokal hanya dengan membuka aplikasi dan memilih menu yang berupa materi dalam pelajaran muatan lokal. Dalam pembuatan media pembelajaran, pengembang menggunakan metode Lee amd Owens (2004). Alasan digunakan metode ini karena memiliki alur yang lengkap, dimulai dari tahap analisis, serta penilaian, tahap desain, tahap pengenbangan implementasi dan tahap evaluasi. Dari hasil pengembangan media pembelajaran diperoleh hasil 90% memenuhi Kriteria Ketuntasan Siswa, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa aplikasi media pembelajaran android smartphone termasuk kategori efektif atau berhasil dan layak untuk proses pembelajaran mandiri.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Winarno, dkk. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran Panduan Lengkap Untuk Para Pendidik dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Genius Prima Media.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Brown, Gillian dan Yule, George. 1983. Discourse Analysis I(Analisis Wacana). Terjemahan Oleh I. Soetikno. 1996. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Januszewski A. And Molenda M. 2008. Educational Technology A Difinition with Commentary. Lawrence Erlbaum Associates Taylor and Francis Group 270 Madison Avenue New York, NY 10016.

Kemendikbud. 1987. Surat Keputusan No 0412/U/1987. Jakarta: Kemendikbud.

Lee.W.W. & Owen. D.L. 2004. Multimedia-Based Instructional Design, (2nd Ed). San Francisco: Pfeiffer.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran.Depok. PT Rajagrafindo Persada.

Sadiman, Arif S. dkk. 1990. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannaya. Jakarta: CV. Rajawali


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Andri Wicaksono, Sihkabuden Sihkabuden, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats