PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SDLBK BHAKTI LUHUR MALANG PADA KELAS B ( TUNARUNGU)

Priscillia Andrianita Effendy, Sihkabuden Sihkabuden, Arafah Husna

Abstract


Kurikulum2013 merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2006 / KTSP. Kurikulum ini telah dilaksanakan pada hampir tiap sekolah di Indonesia. Pada sekolah luar biasa penerapan kurikulum juga telah dilakukan, sejalan dengan sekolah formal lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang ada kelas B (Tunarungu). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan angket terbuka, observasi, wawanacra dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian penerapan kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang sudah diterapkan dengan baik. Penyusunan perangkat pembelajaran seperti SILABUS dan RPP telah dilakukan guru dengan tepat dan sesuai. Selain itu, dalam penilaian yang dilakukan guru terhadap siswa dilakukan dengan sangat baik yaitu dengan menyesuaikan dengan kemampuan yang dimilki setiap siswa. Guru SDLBK Bhakti Luhur Malang mengajar dengan menyesuaikan kemampuan intelegensi yang dimiliki dari setiap siswa. Selain dari kegiatan pembelajaran, terdapat kegiatan lain seperti ekstrakurikuler dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan siswa selain dalam bidang akademik.


Full Text:

PDF

References


Dyaristya, P.E. 2016. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dalam Pelajaran Bahasa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan/ Edcomtecth. (Online) Vol 1. No.2 2016 (http://journal2.um.ac.id), diakses 18 juli 2018

Hidayat, Sholeh. 2015. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Marzoan.2014. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. (Online) Vol 1. No.1 Oktober 2014 (http://journal2.um.ac.id), diakses 18 juli 2018

Mulyasa, E. 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pendidikan Khusus. UU Sisdiknas No.20/2003, Pasal 32 ayat 1

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2007. Standar Penilaian Pendidikan

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 3 tentang tujuan pendidikan nasional

Sulastri, Sri. 2016. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Tunarungu. Jurnal Kajian Pendidikan Islam. Vol.8, no.1 Juni 2016 (1 - 30)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sunarti., Rahmawati, Selly. 2014.Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi

Susanti, Linda. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Tunagrahita di SLB AC. Jurnal Pendidikan Khusus

Wahyuni, Hermin Tri. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan/Edcomtech. (Online) Vol 1. No.2 2016 (http://journal2.um.ac.id), diakses 18 juli 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Priscillia Andrianita Effendy, Sihkabuden Sihkabuden, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats