PERSEPSI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN TENTANG PENTINGNYA KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI LULUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Rani Susanti, Punaji Setyosari, Zainul Abidin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa teknologi pendidikan terhadap matakuliah kemampuan dasar mengajar dan pentingnya keterampilan dasar mengajar terhadap kompetensi lulusan teknologi pendidikan Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini adalah angket atau kuisioner. Skala yang digunakan adalah skala linkert dari satu sampai empat. (1)Tidak setuju, (2)Kurang Setuju, (3)Setuju, (4)Sangat Setuju. Berdasarkan hasil analisis data persepsi mahasiswa dalam indikator (a)tujuan matakuliah mencapai 89% dikategorikan sangat positif, (b)pelaksanaan matakuliah mencapai 87,5% dikategorikan sangat positif (c)motivasi mahasiswa mencapai 80,4% dikategorikan sangat positif (d)hasil belajar mahasiswa mencapai 90,5% dikategorikan positif (e)kebutuhan mahasiswa terhadap matakuliah mencapai 81,2% dikategorikan sangat positif (f)kompetensi lulusan sebagai profesi guru mencapai 75,4% dikategorikan sangat positif (g)pentingnya keterampilan dasar mengajar terhadap kompetensi lulusan teknologi pendidikan mencapai 85,1% dikategorikan sangat positif (h)evaluasi matakuliah kemampuan dasar mengajar mencapai 80,6% dikategorikan sangat positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar mengajar sangat perlu dimiliki oleh lulusan teknologi pendidikan dan matakuliah kemampuan dasar mengajar sangat efektif dalam tujuan dan pelaksanaannya dalam penguasaan keterampilan-keterampilan dasar mengajar terhadap mahasiswa teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang.

Full Text:

PDF

References


Ariani, D. 2017 Aktualisasi Profesi Teknologi Pendidikan di Indonesia. Jurnal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam ’45: Bekasi.

http://dx.doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8675

Asosiasi untuk Pendidikan Komunikasi dan Teknologi. AECT (Online) (https://www.aect.org). Diakses 15 Juli 2018

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2017. Katalog Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) edisi revisi 2017. Malang: UM.

Habeahan, dkk. 2017. Model-model pembelajarn matematika. Tugas Akhir. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen: Medan

http://habeahsntshirut.blogspot.com/

Noorhayati, Bekti. 2015 Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Soft Skills terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan Tahun 2012. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

http://eprints.uny.ac.id/28593/

Sugiyono. 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, Dadang. 2013 Keterampilan Dasar Mengajar. Tugas Akhir. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung http://www.academia.edu/6648797/keterampilan_dasar_mengajar_oleh_dadang_sukirman

Syahrowiyah, Titin. 2016 Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal. Sekolah Dasar Negeri Cilodan Cilegon: Banten http://jurnal.uinbanten.ac.id

Wahyudin, Uyu. 2012 Perumusan Tujuan Instruksional http://file.upi.edu/Direktori/fip/jur._pend._luar_sekolah/196009261985031-uyu_wahyudin/Perumusan_tujuan_instruksional. Diakses 15 Juli 2018

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rani Susanti, Punaji Setyosari, Zainul Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats