PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SDK SANTA MARIA II MALANG

Mario Citro Wahyuputra, Sulthoni Sulthoni, Susilaningsih Susilaningsih

Abstract


Pada zaman moderen ini perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sangat pesat. Perkembangan tersebut menuntut manusia yang berkompeten untuk bersaing menjadi individu yang maju. Pendidikan menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menjadikan individu yang lebih baik dan siap berkompetisi untuk meningkatkan taraf hidup. Dalam usahanya pemerintah menerapkan sebuah kurikulim 2013 yang menekankan pada pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif di kelas sehingga siswa memperoleh pengalaman langsung untuk dapat menemukan sendiri pengetahuan yang dipelajarinya. Pembelajaran tematik memiliki keunikan yaitu menekankan pada konsep belajar dengan melakukan sesuatu (learning by doing). Oleh karena itu, guru perlu merancang pembelajaran yang menyenangkan sehingga pengalaman belajar yang didapat siswa menjadi lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media presentasi pembelajaran yang valid untuk siswa berupa media presentasi pembelajaran untuk kelas 3 SD. Selain itu juga untuk menguji kualitas produk pengembangan media presentasi pembelajaran yang telah dikembangkan. Peneliti menggunakan data kualitatif (instrumen ahli media, ahli materi, dan siswa). Pengembangan media presensatsi pembelajaran ini menggunakan pendekatan pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDK Santa Maria 2 Malang. Media ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan diujicobakan kepada 33 siswa. Dalam uji coba lapangan didapat kesimpulan bahwa dari segi kemenarikan dan keefektifan media sudah terpenuhi. Berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada para ahli menunjukkan bahwa media ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. & Supriono, W. 2004.

Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta:

Rineka Cipta.

Ardhana, Wayan. 2002. Konsep Penelitian

Pengembangan Dalam Bidang

Pendidikan dan pembelajaran.

Malang: Universitas Negeri

Malang

Arief Sadiman. 2002. Media Pembelajaran

dan Proses Belajar Mengajar,

Pengertian Pengembangan dan

Pemanfaatannya, Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan

Media Pembelajaran. Jakarta:

Gaung Persada (GP) Press Jakarta

Borg, R. Walter & Gall, Meredith Damien.

Educational Research: An

Introduction (Fourth Edition).

New York: Longman Inc

Gagne, Robert M & Brigss, Leslie J.

Principles of Instructional

Design. New York: Holt Rinehart

& Winston.

Hermawan, Asep Herry, dkk. (2007).

Belajar dan Pembelajaran SD.

Bandung: UPI PRESS

Kuswari, Usep. Model Pembelajaran

Tematik. Tersedia: http://

F i l e . u p i . e d u / D i r e k t o r i /

F P B S / J u r . _ P e n d . _ B a h a s a

Daerah/195901191986011Usep_

Kuswari/Model_Pembelajaran_

Tematik.pdf. [Diakses 18

Novenber 2017]

Nana Syaodih Sukmadinata. (2004).

Landasan Psikologi Proses

Pendidikan. Bandung: PT remaja

Rosdakarya.

Setyosari, P. & Sihkabuden. 2005. Media

Pembelajaran. Malang: Elang

Emas

Trianto. 2009. Mengembangkan Model

Pembelajaran Tematik. PT Prestasi

Pustakaraya. Jakarta

Triwidodo, T & Kristanto, D. 2004.

Pengembangan Kepribadian

Sekretaris. Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mario Citro Gusti Wahyuputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats