PENGEMBANGAN MEDIA OBYEK 3 DIMENSI DIGITAL SEL HEWAN DAN TUMBUHAN MEMANFAATKAN PIRAMIDA HOLOGRAM UNTUK MTS

Akhmad Arifudin, Dedi Kuswandi, Yerry Soepriyanto

Abstract


Media Obyek 3 Dimensi Digital yang memanfatkan piramida hologram merupakan alat yang digunakan sebagai penyampai/berisikan informasi berupa bentuk digital. Dalam penggunaanya terkadang media yang dibawa ke kelas memiliki beberapa kendala berhubungan dengan besar kecilnya ukuran dimensi, berbahaya, dan kendala lainnya.. Tujuan dari pengembangan ini untuk mengembangkan media obyek 3 dimensi digital memanfaatkan piramida hologram. Media obyek 3 dimensi digital ini dirasa bisa menjadi solusi untuk kendala membawa media ke dalam kelas. Selain itu, obyek 3 dimensi digital ini mempunyai keistimewaan yaitu dapat dilihat dari berbagai arah agar pebelajar mendapat pengalaman secara langsung dalam proses belajar di kelas. Metode penelitian ini menggunakan Multimedia-Based Instructional Design. Dalam penerepanya menurut Ahli Materi dan Media menilai  media obyek 3 dimensi digital sel hewan dan tumbuhan memanfaatkan piramida hologram layak di gunakan dalam pembelajaran. Dalam uji coba kelompok besar media obyek 3 dimensi digital sel hewan dan tumbuhan memanfaatkan piramida hologram dikatakan valid dan layak digunakan. Media obyek 3 dimensi digital sel hewan dan tumbuhan yang memanfaatkan piramida hologram merupakan salah satu solusi untuk mempermudah kendala membawa media ke dalam kelas. Oleh karena itu, media obyek 3 dimensi digital yang memanfaatkan piramida hologram ini ada potensi digunakan di dalam kelas untuk melengkapi guru dalam mengajar atau sebagai media pembelajaran dikelas.


Full Text:

PDF

References


Arifah, M. Azam, K. Sofjan Firdausi. (2007). Pembuatan Hologram Refleksi. https://www.researchgate.net/publication/277119591

Ghuloum, Husain. (2010). 3D Hologram Technology in Learning Environment. Proceedings of Informing Science & IT Education Conference (InSITE).

Lee, William W. & Owens, Diana L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.

Roslan, Rose Khairunnisa & Ahmad, Azlina. (2017). 3D Spatial Visualisation Skills Training Application for School Students Using Hologram Pyramid. International Journal On Informatics Visualization.

Setyosari, Punaji & Sihkabuden. (2005). Media pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Sihkabuden. (2011). Media Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional, Universitas Negeri Malang, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Smaldino, S.E., Lowther, D.L., Russell, J.D. (2014). Instructional Technology & Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Prenada Media Group BP.

Soepriyanto, Y., Sihkabuden., & Surahman, E., (2018). Pengembangan Obyek 3d Digital Pada Meja Piramida Hologram Untuk Pembelajaran Kelas. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1(4). 333-339.

Tawaqqal, Iqbal., Ningrum, Ika Purwanti & Yamin, Muh. (2017). Hologram Holographic Pyramid 3 Dimensi. semanTIK.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Akhmad Arifudin, Dedi Kuswandi, Yerry Soepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats