PENGEMBANGAN MEDIA OBYEK 3 DIMENSI DIGITAL SEL HEWAN DAN TUMBUHAN MEMANFAATKAN PIRAMIDA HOLOGRAM UNTUK MTS
Abstract
Media Obyek 3 Dimensi Digital yang memanfatkan piramida hologram merupakan alat yang digunakan sebagai penyampai/berisikan informasi berupa bentuk digital. Dalam penggunaanya terkadang media yang dibawa ke kelas memiliki beberapa kendala berhubungan dengan besar kecilnya ukuran dimensi, berbahaya, dan kendala lainnya.. Tujuan dari pengembangan ini untuk mengembangkan media obyek 3 dimensi digital memanfaatkan piramida hologram. Media obyek 3 dimensi digital ini dirasa bisa menjadi solusi untuk kendala membawa media ke dalam kelas. Selain itu, obyek 3 dimensi digital ini mempunyai keistimewaan yaitu dapat dilihat dari berbagai arah agar pebelajar mendapat pengalaman secara langsung dalam proses belajar di kelas. Metode penelitian ini menggunakan Multimedia-Based Instructional Design. Dalam penerepanya menurut Ahli Materi dan Media menilai media obyek 3 dimensi digital sel hewan dan tumbuhan memanfaatkan piramida hologram layak di gunakan dalam pembelajaran. Dalam uji coba kelompok besar media obyek 3 dimensi digital sel hewan dan tumbuhan memanfaatkan piramida hologram dikatakan valid dan layak digunakan. Media obyek 3 dimensi digital sel hewan dan tumbuhan yang memanfaatkan piramida hologram merupakan salah satu solusi untuk mempermudah kendala membawa media ke dalam kelas. Oleh karena itu, media obyek 3 dimensi digital yang memanfaatkan piramida hologram ini ada potensi digunakan di dalam kelas untuk melengkapi guru dalam mengajar atau sebagai media pembelajaran dikelas.
Full Text:
PDFReferences
Arifah, M. Azam, K. Sofjan Firdausi. (2007). Pembuatan Hologram Refleksi. https://www.researchgate.net/publication/277119591
Ghuloum, Husain. (2010). 3D Hologram Technology in Learning Environment. Proceedings of Informing Science & IT Education Conference (InSITE).
Lee, William W. & Owens, Diana L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.
Roslan, Rose Khairunnisa & Ahmad, Azlina. (2017). 3D Spatial Visualisation Skills Training Application for School Students Using Hologram Pyramid. International Journal On Informatics Visualization.
Setyosari, Punaji & Sihkabuden. (2005). Media pembelajaran. Malang: Elang Mas.
Sihkabuden. (2011). Media Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional, Universitas Negeri Malang, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Smaldino, S.E., Lowther, D.L., Russell, J.D. (2014). Instructional Technology & Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Prenada Media Group BP.
Soepriyanto, Y., Sihkabuden., & Surahman, E., (2018). Pengembangan Obyek 3d Digital Pada Meja Piramida Hologram Untuk Pembelajaran Kelas. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1(4). 333-339.
Tawaqqal, Iqbal., Ningrum, Ika Purwanti & Yamin, Muh. (2017). Hologram Holographic Pyramid 3 Dimensi. semanTIK.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Akhmad Arifudin, Dedi Kuswandi, Yerry Soepriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)