KONSEP PEMBELAJARAN TRINGO PADA MATA KULIAH MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM

Risma Chulashotud Diana, Dedi Kuswandi, Saida Ulfa

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan konsep pembelajaran TRINGO (Ngerti, Ngerasa, Ngelakoni) yang diimplementasikan pada mata kuliah model pengembangan kurikulum. Masalah yang dikaji adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi seharusnya dimiliki oleh mahasiswa sehingga peran mahaiswa dapat dilakukan secara maksimal dan bermanfaat untuk lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian expost facto. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah Konsep pembelajaran TRINGO. Sasaran dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Teknoogi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2016 yang mengikuti mata kuliah model pengembangan kurikulum atau mahasiswa yang mengambil peminatan konsentrasi kurikulum. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang kuat antara variabel bebas dan variabel terikat.Hal ini terbukti dengan hasil pengolahan data yang menunjukkan nilai 0,076. Nilai tersebutditafsirkan terhadap koefisien korelasikuat. Hubungan yang dimaksud adalah pada proses pembelajaran, pemberian tugas dan hasil yang dicapai dalam proses perkuliahan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dan dapat dikembangkan oleh peneliti lain yang berkaitan dengan Konsep pembelajaran TRINGO.


Full Text:

PDF

References


Amalia, Yuli. 2015. Penerapan-Model-Elicivities-untuk-Meningkatkan-Kemampuan-Berpikir-Kreatif-dan-Self-Confidience-Siswa-Sekolah-Menengah-Atas. Jurnal Didaktik Matematika, 2 (2): 1-11

Anderson, L. W. 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revition of Bloom’s taxonomy of educational objectives, bridged edition. White Plains. NY: Longman

Budiman, Agus&Jailani. 2014. Pengembangan-Instrumen-Asesmen-Higher-Order-Thinking-Skills-pada-Mata-Pelajaran-Matematia-Sekolah-Menengah-Pertama. 1(2): 1-13

Chinedu, Kamin,Y. 2015. Strategies-for-Improving-Higher-Order-Thinking-Skills-in-Teaching and-Learning-of-Design-and-Technology-Education. Journal of Technical Education and Training, 7 (2). 35-43

Ekasari, R., Gunawan, Sahidu,H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium Terhadp Kreatifitas Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2(3), 106-110

Erfan, Muhammad,Tursina Ratu. 2018. Pencapaian HOTS Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samawa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknolgi 4 (2): 209

Estiyono,edi., Mardapi, djemari., Suparno. 2014.Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 18(1): 1-12

Fakhriyah, F. 2014. Penerapan-Problem-Based-Learning-Dalam-Upaya-Mengembangkan- Kemampuan-Berpikir-Kritis-Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia

Istiyono, Edi. 2014. Pengembangan-Tes-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tinggi-Fisika-Sekolah-Menengah-Atas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 14(1): 1-14

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 2018. Jumlah Penduduk Indonesia 2019 Mencapai 267 Juta Jiwa.diposting 4 Januari 2019: Katadata.co.id

Kuswandi, Dedi. 2018. Pengembangan Adaptive Learning Analytics Management System(Alams) Berbasis Synchronous Dan Asynchronous Learning Dan Berlandaskan Konsep Belajar Tringo (Ngerti, Ngrasa, Ngelakoni) Dari Ki Hadjar Dewantara Untuk Membangun Smart Online Learning Environment (Sole) Di Jurusan Teknologi Pendidikan. Malang:Inobel

Lewis,A, Smith,D. 1993. Defining-Higher-Order-Thinking: Theory-into-Pratice. Journal of Colloge of Education, 131-137

Manfaat, Budi, Siti Nurhairiyah. 2013. Pengembangan-Instrumen-Tes-Untuk-Mengukur- Kemampuan-Penalaran Statistik Mahasiswa Matematika. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika. 2(2): 1-19

Musanna, Al. 2017. Indegenisasi-Pendidikan:Resionalisasi-Revitalisasi-Praksis-Pendidikan Ki-Hadjar-Dewantara.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2(1): 117-133

Nofiana, Mufida. 2014. Pengembangan-Instrumen-Evaluasi Two-Tier Multiple Choice Question-Mengukur-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tinggi. Jurnal Inkuiri, 3(2): 1-15

Nugroho, R. Arifin. 2018. HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta:PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Nursalam. 2016. Diagnostik-Kesulitan-Belajar-Matematika-Sasaran-Siswa-SD-di-Makassar. Jurnal Lentera Pendidikan vol 19 (1): 1-15

Ramos, Jennifer. 2013. Higher-Order-Thinking-Skills-and-Academic-Performance-in-Physics -of-College-Students. International Journal of Interdisciplinary, 1 (4), 48-60

Rofiah, Emi. 3013. Penyusunan-Instrumen-Tes-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tinggi Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(2):1-6

Saido, Gulistan. 2015. Higher-Order-Thinking-Skills-Among-Secondary-School-in-Science Learting. Journal of Education Science, 3(3): 13-20

Shukla, Divya. 2016. Student’s-Perceived-Level-and-Teaching-Strategies-of-Higher-Order-Thinking-Skills: A -Study on-Higher-Education-Institutions-in-Thailand. Journal of Education and Practice, 7(2): 211-2019

Sugiyono .2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Sudarman. 2007.Problem-Based-Learning: Model-Pembelajaran-untuk-Mengembangkan-dan Meningkatkan-Kemampuan-Memecahkan-Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif 2 (2): 68-73

Wahyudi. 2015. Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Hukum Ohn dan Kirchoff dalam Matakuliah Elektronika DasarI. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1 (2), 129-135

Walker, Andrew & Heather Leary. 2009. A Problem Based Learning Meta Analysis: Differences Across Problem Types, Implementation Types, Disciplines, and Assessment Levels. The Inter¬disciplinary Journal of Problem-based Learning. 3 (1). 12-43

Widarto. 2013. Penelitian Ex Post Facto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Risma Chulashotud Diana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats