MULTIMEDIA TUTORIAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER)

Novita Sholehatul Umroh, Eka Pramono Adi, Saida Ulfa

Abstract


Multimedia tutorial merupakan salah satu alternatif media pembelajaran untuk anak ADHD. Anak ADHD cenderung mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi dan memiliki aktivitas berlebih dibanding anak lain seusianya. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan multimedia tutorial yang valid untuk membantu menyelesaikan permasalahan rendahnya minat baca yang dialami siswa ADHD di SLB Autis Laboratorium UM. Rendahnya minat baca siswa terhadap materi dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Multimedia tutorial yang dikembangkan bertujuan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah model Lee dan Owens yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Produk multimedia tutorial ini dikatakan valid sebagai media pembelajaran dengan perolehan tingkat kevalidan dari ahli materi sebesar 95,5%, dari ahli media sebesar 82,1875%, dan dari ahli praktisi sebesar 92,5%. Selain itu multimedia tutorial ini juga terbukti efektif dimanfaatkan dalam pembelajaran anak ADHD dilihat dari nilai pre-test dan post-test yang mengalami kenaikan dari nilai 70 pada saat pre-test menjadi 90 pada saat post-test. Dapat disimpulkan bahwa multimedia tutorial dapat membantu menyelesaikan permasalahan rendahnya minat baca yang dialami anak ADHD.

Full Text:

PDF

References


Amanda, C. M., dkk (2014). Reading Comprehension in Children with ADHD: Cognitive Underpinnings of the Centrality Deficit. Journal J Abnorm Child Psychol. 41(3), 473–483. Retrievied from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3561476/

Andarwati, M., & Amrullah, F. (2016). Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi ABK River Kids dan Pusat Terapis Insan Mandiri. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1), 1-7. Retrievied from https://flipmaslegowo.id/index.php/difusi-iptek/article/view/34

Baihaqi, M.I.F., & Sugiarmin, M. (2006). Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung: PT Refika Aditama.

Botsas, G., & Grouios, G. (2017). Computer Assisted Instruction Of Students With Adhd And Academic Performance: A Brief Review Of Studies Conducted Between 1993 And 2016, And Comments. European Journal of Special Education Research. 2(6), 146-180. Retrieved from https://oapub.org/edu/index.php/ejse/article/view/1193/3475

Chussurur, M. (2011). Pengaruh Pemberian Cerita Melalui Media Audiovisual Terhadap Recall Memory pada Anak-Anak Kelas V Sekolah Dasar Takmirul Islam Surakarta. Jurnal Wacana Psikologi 3(1), 1-29 Retrieved from http://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/wacana/article/view/47

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. PT Remaja Rosdakarya.

Gray, C., & Emma, A. C. (2016). Deficit/Hyperactivity Disorder and Reading Disability: A Review of the Efficacy of Medication Treatments. Journal Frontiers in Psychology. 7(988), 1-6. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4932103/

Handojo. (2013). Autisma. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Holmes, J., Hilton, K. A., Place, M., Alloway, T. P., Elliott, J. G., & Gathercole, S. E. (2014). Children with low working memory and children with ADHD: same or different?. Journal Frontiers in Human Neuroscience. 8(976), 1-13. Retrieved from https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fnhum.2014.00976/full

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia -Based Instructional Design. San Fransisco: Pfeiffer.

Mariyah, M., Aprianastuti, C., Anggadewi, B. E. T. (2017). Pengembangan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada anak dengan ADHD. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital, Semarang: 22-24 Agustus 2017. Hal. 240-250. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2195

Muijs, Daniel, & Renold, F.(2009) Effectiveness and disadvantage in education. Can a focus on effectiveness aid equity in education? In, Raffo, Carlo, Dyson, Alan, Gunter, Helen, Hall, Dave, Jones, Lisa and Kalambouka, Afroditi (eds.) Education and Poverty in Affluent

Countries. Abingdon, GB, Routledge.

Munir, M., Setiawan, W., Nugroho, E. P., Kusnendar, J., & Wibawa, A. P. (2018). The Effectiveness of Multimedia in Education for Special Education (MESE) to Improve Reading Ability and Memorizing for Children with Intellectual Disability. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(08), 254-263. Retrieved from https://online-journals.org/index.php/i-jet/article/view/8291/5144

Ng, N., Bangsa, P. G., & Christianna, A. (2016). Perancangan Buku Interaktif sebagai Media Pendukung Terapi Anak-Anak ADHD Usia 6-8 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra. 1(8), 1-11. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/4358

Qomaroh, A., & Ardianingsih, F. (2016). Media COMPIC (Computerized Pictograph) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak Autis Hiperaktif. Jurnal Pendidikan Khusus. 9(1), 1-14. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/17674

Syaodih Sukmadinata, N. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Novita Sholehatul Umroh, Eka Pramono Adi, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats