KEPUASAN LAYANAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA KONSENTRASI DIKLAT DAN KURIKULUM PADA JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UM

Retno Agustin, I Nyoman Sudana Degeng, Zainul Abidin

Abstract


Penelitian bertujuan untuk  membuktikan dugaan adanya perbedaan kepuasan layanan pengelolaan pembelajaran mahasiswa konsentrasi kurikulum dan diklat. Peneliti menggunakan metode campuran model Sequential Eksplanatory dimana data kuantitatif lebih dominan dan data kualitatif dijadikan sebagai data pendukung. Responden yang dilibatkan sebanyak 72 mahasiswa. Berdasar uji hipotesis alternatif instrumen diperoleh bahwa signifikansi dari lima indikator layanan pengelolaan pembelajaran lebih dari 0,05 yaitu Tangible (0,877), Reliability (0,470), Responsive (0,193), Assurance (0,065) dan Empaty (0,243). Artinya dugaan (H1) dari lima indikator layanan pengelolaan pembelajaran tersebut seluruhnya ditolak. Sehingga tidak terdapat perbedaan layanan pengelolaan pembelajaran mahasiswa konsentrasi kurikulum dan diklat pada Jurusan TEP FIP UM.

Full Text:

PDF

References


Alaan, Y. (2016). Pengaruh Service Quality (Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness dan Assurance) terhadap Customer Satisfaction: Penelitian pada Hotel Serela Bandung. Jurnal Manajemen Maranatha, 15(2). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/115502-ID-none.pdf

Farahmandian, S., Minavand, H., & Afshardost, M. (2013). Perceived service quality and student satisfaction in higher education. IOSR Journal of Business and Management, 12(4), 65-74. Retrieved from Perceived_service_quality_and_student_sa.pdf

Juhana, D., & Mulyawan, A. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(1), 1-15. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/41356-ID-pengaruh-kualitas-layanan-jasa-pendidikan-terhadap-kepuasan-mahasiswa-di-stmik-m.pdf

Kotler, P., & Armstrong, G. (2005). Prinsip pemasaran . Pendidikan Pearson.

Kummalasari, D. N. (2017). Kepuasan Peserta Didik Tehadap Pelayanan Proses Pembelajaran di Sekolah Menegah Atas Negeri 7 Purworejo. Hanata Widya, 6(4), 1-6. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/viewFile/7326/6987

Liana, N. A., Benty, D. D. N., & Supriyanto, A. (2016). Analisis Faktor Yang mempengaruhi kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/06-Nurul-Agustin-Liana.pdf

Lovelock, C. H., & Wright, L. K. (2007). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Indeks.

Pedro, E., Mendes, L., & Lourenço, L. (2018). Perceived Service Quality And Student's Satisfaction In Higher Education: The Influence Of Teaching Methods. International Journal for Quality Research, 12(1). Retrieved from Perceived_Service_Quality_and_Students_Satisfacti.pdf

Prawiradilaga, D.S. (2014). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1), 52-65.Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/viewFile/1376/1181

Machfud Saroni, Mochamad. (2019). Pengelolaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik LBB Taman Pintar Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. J+ Plus Unesa, 7(3).Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/viewFile/26712/24446

Setyosari, P. (2005).Rancangan Pembelajaran. Malang : Laboratorium Teknologi Pendidikan

Subkhan, Edi.(2016.) Sejarah dan Paradigma Teknologi Pendidikan Untuk Perubahan Sosial. Jakarta : Prenadamedia Group

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukmanasa, E., Novita, L., & Siti, F. (2017). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan Pedagonal. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 91-99. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/390/0

Tahir, M., Rehman, M., & Rehman, A. A Study Of Graduate Students’satisfaction Towards Service Quality Of Lahore Garrison University (LGU).(2018). Journal Of Sci.Int (Lahore), 29(6), 1305-1308. Retrieved from http://www.sci-int.com/pdf/636606940112440236.edited.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Retno Agustin, I Nyoman Sudana Degeng, Zainul Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
Jinotep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.