FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DI JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Ananda Dwi Ramadani, Sulthoni Sulthoni, Agus Wedi

Abstract


Blended Learning adalah suatu revolusi dalam pendidikan berbasis teknologi internet yang mampu dimanfaatkan untuk pendidikan demi menunjang pembelajaran. Blended learning gabungan dari pembelajaran face to face dengan mengombinasikan e-learning. Dalam pelaksanaan blended learning pebelajar masih terlihat mengalami kesulitan dalam mengerti bagaimana blended learning yang dituntut untuk mandiri. Pebelajar masih menganggap tanpa kehadiran pembelajar dikatakan masih belum terjadinya proses pembelajaran.Perlu adanya komposisi yang tepat dalam mengelola strategi, online, offline dan tatap muka. Sehingga perlu mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh dalam implementasinya dan bisa mengomptimalkan blended learning agar berjalan dengan efektif dan efesien. Penerapan blended learning sudah diatur pada Pedoman Pendidikan UM, kesiapan dosen dan mahasiswa dalam penerapannya menjadi hal yang berpengaruh. Sarana dan prasana yang memadai juga menjadi faktor penentu keberhasilan penerapan blended learning.


Full Text:

PDF

References


Akkoyunlu, B. &Soylu, M.Y. 2006. A Study on Students’ Views about Blended Learning Environment. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE July 2006 ISSN 1302-6488 Volume: 7 Number: 3 Article: 3

Akkoyunlu B. and Soylu M. Y, 2008. A Study of Student’s Perceptions in aBlended Learning Environment Based on Different Learning Styles,Educational Technology & Society, 11 (1), 183-193. Department of Computer Education and Instructional Technology, Hacettepe University,Turkey

Demirci, N. 2010. Web-Based vs. Paper-Based Homework to Evaluate Students’ Performance in Introductory Physics Courses and Students’ Perceptions: Two Years Experience. International Journal on E-Learning, 9(1), 27-49.

Dwiyogo, Wasis D. 2010. Pembelajaran Blended Learning. (Online), (http://id.wikibooks.org/wiki/Pembelajaran_Berbasis_Blended_Learning). diakses pada 14 April 2019

Fitriana, Nurin.(2017).Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Erudio ( Journal of Educational Innovation), Volume 4, Nomor 1, Desember 2017

Kusni, M. 2010. Implementasi Sistem Pembelajaran Blended Learning pada Matakuliah AE3121 GetaranMekanik di Program Aeronotika dan Astonotika, Seminar Tahunan Teknik Mesin

Moelong, Lexy J.2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standart nasional Pendidikan Pasal 1 (Bandung: Nuansa Mulia, 2008), 90.

Pedoman Pendidikan Universitas Negeri Malang Tahun Akademik 2018/2019. Diterbitkan oleh Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi, dan Kerjasama (BAKPIK) Universitas Negeri Malang

Prasetyo, Aries Alfian., P, Cahyo S., Wirawan, I Made. (2016). Kajian Keterlakasaan Blended Learning Pada Program TKJ di SMK. TEKNO, Vol 25 Maret 2016, ISSN : 1693-8739

Rita Mariyana, dkk., Pengelolaan Lingkungan Belajar, (Jakarta: Kencana Media Group, 2010. Rita Mariyana, dkk., Pengelolaan Lingkungan Belajar, (Jakarta: Kencana Media Group, 2010.

Sari, Milya. (2014). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad ke-21 di Perguruan Tinggi. Ta’dib, Volume 17, No. 2 (Desember 2014)

Sofiana, Nina.(2015). Implementasi Blended Learning Pada Mata Kuliah Extensive Listenimg. Jurnal Tarbawi Vol. 12. No. 1. Januari - Juni 2015 ISSN : 2088-310

Wardani, Deklara Nanindya., Toenlioe, A.J.E., Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan JKTP Volume 1, Nomor 1, April 2018

Tabor, S. 2007. Narrowing the distance: Implementing a hybrid learning model for information security education. The Quarterly Review of Distance Education, 8(1), 47-57




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ananda Dwi Ramadani, Sulthoni Sulthoni, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats