PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PASRAMAN SASANA PUTRA PANDAWA DALAM PENINGKATAN SIKAP BUDI PEKERTI DI LINGKUNGAN KELUARGA HINDU DESA SEDAENG KECAMATAN TOSARI KABUPATEN PASURUAN

Machmud Amiruddin, Henry Praherdhiono, Agus Wedi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Sekolah Pasraman Sasana Putra Pandawa dalam meningktakan Sikap Budi Pekerti anak dilingkungan keluarga Hindu yang meliputi bagaimana proses perencanaan program, tata cara pelaksanaan program, serta bagaimana proses evaluasi yang digunakan dalam Sekolah Pasraman. Rancangan penelitian ini adalah penlitian Kualitatif Diskriptif. Subyek penelitian ini adalah Sekolah Pasraman Sasana Putra Pandawa Desa Sedaeng dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan nonformal berbasis pendidikan agama Hindu. Hasil menunjukkan keterangan mengenai hasil perencanaan program, Pelaksanaan program, serta evaluasi program, dari tiga aspek tersebut dapat diambil keterkaitan antara bentuk sekolah Pasraman dengan jalur pendidikan nonformal yang lebih munggunakan pendekatan kontruktivisme dalam pelaksanaannya, untuk mencapai tujuan yang kontruktif sekolah Pasraman menggunakan metode inquiry yang berorientasi kepada siswa dan sebagai alat evaluasi Sekolah Pasraman menggunakan tes lisan dan tes praktik sebagai usaha mengimbangi pendekatan kontruktivisme yang berorientasi kepada perkembangan peserta didik.

 

Abstract

This study aims to find out how the Sasana Putra Pandawa School Pasraman School program is implemented in enhancing the attitude of children in the Hindu family environment which includes how the program planning process, the program implementation procedures, and how the evaluation process is used in the Pasraman School. The design of this study is descriptive qualitative research. The subject of this research was the Sasana Putra Pandawa Pasraman School in Sedaeng Village in carrying out its function as a non-formal educational institution based on Hindu religious education. The results show information about the results of program planning, program implementation, and program evaluation, from these three aspects a link can be taken between the form of Pasraman schools and non-formal education pathways which are more likely to use the constructivism approach in their implementation, to achieve the constructive goals of Pasraman schools using inquiry-oriented methods to students and as an evaluation tool Pasraman School uses oral tests and practical tests as an effort to balance the constructivism approach which is oriented towards the development of students.

Keywords


Pelaksanaan Program Sekolah Pasramana; Pendidikan budi pekerti; Perencanaan; Pelaksanaan; Evaluasi

Full Text:

PDF

References


Darodjat. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. ISLAMADINA 14 (1) 1-28. Retrifed from https://media.neliti.com/media/publications/135691-ID-model-evaluasi-program-pendidikan.pdf

Hidayah. N.. (2013). Ujian Nasional Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Jurnal Pencerahan, 7 (1) 35-40. Retrieved from www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/download/2053/2008

Iskarim. M. (2016). Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa. Edukasi Islamika 1 (2) Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/69187-ID-dekadensi-moral-di-kalangan-pelajar-revi.pdf.

Junaidah. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan ditingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Al-Idarah 7 (2). Retrifed from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/download/2267/1693

Karmini. W.N. (2018). Membangun Karakter Generasi Penerus Melalui Pasraman. Pasca Sarjana Universitas Hindu Indonesia 9 (2) 94-100. Retrifed from https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/dharmasmrti/article/view/151

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Januari 23, 2015, dari website Kemendikbud : https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/un2015/Ujian%20Nasional%202015%20v0.4.pdf

Kurmniawan. M. Dari website Academia : https://www.academia.edu/26072478/Hak_dan_Kewajiban_Warga_Negara_Pasal_31_UUD_1945

Kusnawan. A. (2010). Perencanaan Pendidikan Tinggi Dakwah Islam. Jurnal Ilmu Dakwah 4 (15). Retrifed from https://media.neliti.com/media/publications/63247-ID-perencanaan-pendidikan-tinggi-dakwah-isl.pdf

Nurdiansyah. I. Juni 17, 2014, dari website Kompasiana : http://www.kompasiana.com

Pramartha. W., Yasa. S.W.I. (2017). Mengungkap Pendidikan Hindu Bali Tradisional Aguron-guron. MUDRA 32 (1) 131-140. Retrived from https://media.neliti.com/media/publications/195217-ID-mengungkap-model-pendidikan-hindu-bali-t.pdf

Somantri. M. (2014). Perencanaan Pendidikan. Bandung.IPB Press.

Sudarto. W. (2014). Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Akhlak Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Taman Madya Ibu Pawitayan Yogyakarta. (Unpublished master’s thesis) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Indonesia

Supardan. D. H. (2016). Tori dan Praktik Pendekatan Kontruktivisme dalam Pembelajaran. EDUNOMIC 4 (1). Retrifed from https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/download/199/191

Suwarsini. S. M., Natajaya N. I., Dantes R. K. (2014/2015). Analisis Implementasi Program Pasraman Ajeg Bali Di SMPN 1 Amlapura Tahun 2014/2015. (Unpublished master’s thesis) Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia.

Titib. M. I., Supartha W. (2006). Menumbuhkembangkan Pendidikan Budi Pekerti Kepada Anak (Perspektif Agama Hindu) . Bali: Pustaka Bali Post. Manuaba. P. B. I. (2008). Memahami Teori




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Machmud Amiruddin, Henry Praherdhiono, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats