MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA VISUALISASI DASAR-DASAR ANIMASI

Firdausy Armansyah, Sulton Sulton, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Dasar-dasar animasi adalah mata pelajaran kejuruan yang wajib ditempuh dan dikuasai oleh siswa SMK jurusan animasi. Multimedia interaktif menjadi solusi untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan mampu memberikan visualisasi materi secara nyata. Penggunaan e-book yang monoton tidak dapat memberikan visualisasi nyata sehingga berdampak pada kurangnya kepahaman terhadap materi yang dipelajari, terutama materi animasi yang membutuhkan visualisasi. Kurangnya kepahaman terhadap materi dapat berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini berfokus menghasilkan multimedia interaktif yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Model pengembangan menggunakan model Lee dan Owens yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan tingkat kevalidan sebesar 70%, dari ahli media sebesar 85%, dan dari audiens sebesar 81,7%, sehingga multimedia interaktif yang dikembangkan dikatakan valid dan layak. Dari hasil implementasi berdasarkan pre-test dan post-test terdapat peningkatan hasil belajar. Hasil pre-test siswa mendapatkan nilai rata 46,8 dari 27 siswa dan mendapatkan nilai rata-rata 72,7 pada saat post-test.

Abstract

The basics of animation are vocational subjects that must be taken and mastered by vocational students majoring in animation. Interactive multimedia is a solution to improve learning activities and be able to provide a real visualization of the material. The use of monotonous e-books can not provide real visualization so that the impact on the lack of understanding of the material being studied, especially animation material that requires visualization. Lack of understanding of the material can have an impact on student learning outcomes. This research focuses on producing interactive multimedia that is valid and suitable for use in learning. The development model uses the Lee and Owens model which consists of analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of the validation from the material experts get a validity level of 70%, from media experts by 85%, and from an audience of 81.7%, so that the interactive multimedia developed is said to be valid and feasible. From the results of the implementation based on pre-test and post-test there is an increase in learning outcomes. The results of the pre-test students get an average value of 46.8 of 27 students and get an average value of 72.7 at the time of the post-test.


Keywords


media pembelajaran; multimedia interaktif; multimedia

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. (2016). Pembelajaran Konsep Ikatan Kimia dengan Animasi Terintegrasi LCD Projector Layar Sentuh (Low Cost Multi Touch White Board). Jurnal Tadris Kimiya. 1(1), 8-13 . Retrieved from http://www.journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/article/view/1163

Andoro, I. F. B. (2015). Proses Visualisasi Sistem Operasi Berbasis Multimedia dengan Metode Kognitif Piaget di SMK Ibu Kartini Semarang. Jurnal IC-Tech. 10(2), 52-59. Retrieved from https://jurnal.stmik-wp.ac.id/files/disk1/2/ictech--ignfbayuan-58-1-7bayu.pdf

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Renika Cipta.

Azhar, Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali press.

Babiker, M. E. A. (2015). For Effective Use of Multimedia in Education, Teachers Must Develop their Own Educational Multimedia Applications. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET. 14(4), 62-68. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1077625

Darmawan, Deni. 2014. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fauziah, F. (2016). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa di SMP pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1), 26-37 . Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/download/92/94

Harsalinda, R. (2018). Visualisasi Sebagai Upaya untuk Memahami Materi Teoritis di Dalam Perkuliahan. Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesian. 2(1), 1-14. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/2592

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia -Based Instructional Design. San Fransisco: Pfeiffer.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: ALFABETA

Nurlaela. (2016). Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Melalui Pendekatan CTL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pesawat Sederhana pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Hanjuang I. 1(1), 48-59 . Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/download/94/96

Nusir, S. (2013). Studying the Impact of Using Multimedia Interactive Programs on Children's Ability to Learn Basic Math Skills. Sage Journals. 10(3), 305-319. Retrieved from https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.2304/elea.2013.10.3.305

Sadiman. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sukiyasa, K. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3(1), 126-137. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/download/1588/1318

Retnosari, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro. Jurnal Pendidikan. 1(8), 1529-1535. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6635

Trinawindu, I. B. K. (2016). Multimedia Interaktif untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Prabangkara. 19 (23), 35-42 . Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/135/75




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Firdausy Armansyah, Sulton Sulton, Sulthoni Sulthoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats