Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Seni Ukir Jepara Sebagai Upaya Kelestarian
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk kurikulum muatan lokal seni ukir Jepara yang menjadi salah satu upaya untuk mengenalkan potensi daerah jepara kepada siswa pada jenjang SMP, sehingga dapat terjaga kelestarian lokal daerah Jepara serta dapat menjadi generasi penerus yang peduli untuk menjaga bahkan mengembangkan seni ukir Jepara. Metode pengembangan yang menjadi pedoman adalah model pendekatan kompetensi oleh Toenlioe (2017). Yang menjadi subjek penelitian adalah MTs Roudlotul Ulum Suwawal Jepara. Data yang di gunakan adalah data kuantitatif , dari Instrumen ahli kurikulum, ahli materi dan kualitatif dari observasi dan wawancara. Hasil validasi kurikulum muatan lokal Seni Ukir dinyatakan valid. Dengan perolehan presentase dari ahli materi mencapai 90.88 % dan dari ahli kurikulum mencapai 89.50 %.[ES1]
Abstract
The purpose of this research is to produce a curriculum for local content in Jepara carving which is one of the efforts to introduce the potential of Jepara to students at junior high school level, so that local Jepara area can be preserved and be able to become the next generation that cares to maintain and even develop Jepara carving . The development method that becomes the guideline is the competency approach model by Toenlioe (2017). The subject of the study was MTs Roudlotul Ulum Suwawal Jepara. The data used are quantitative data, from curriculum expert instruments, material experts and qualitative observations and interviews. The results of the validation of the Carving Art local content curriculum were declared valid. With the acquisition of material experts reached 90.88% and from curriculum experts reached 89.50%.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Karawitan Sebagai Upaya Mengkonstruksi Pengetahuan dan Pelestarian Budaya Jawa di Jenjang SMA Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 123-132.
Budiani, K. N. (2018). Fasilitas Eduwisata Seni Ukir di Jepara. eDimensi Arsitektur Petra, 6(1), 281-288.
Hamalik, Oemar. 2017. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayanti, N., Abidin, Z., & Husna, A. (2018). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Kurikulum Muatan Lokal Ekopedagogi Dalam Membangun Karakter Siswa Di SDN Lowokwaru 2 Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2).
Meilani, R., Noperman, F., Karjiyati, V., & Karjiyati, V. (2017). Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Konservasi Fauna Bengkulu Terhadap Sikap Peduli Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BENGKULU).
Mukhlason, M. (2016). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Seni Hadrah Pasuruan. AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, 4(1), 1-20.
Muktadir, A. (2014). Pengembangan Model Mata Pelajaran Muatan Lokal Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Di Sekolah Dasar Provinsi Bengkulu. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).
Nangoy, O. M., & Sofiana, Y. (2013). Sejarah Mebel Ukir Jepara. Humaniora, 4(1), 257-264.
Nisafani, A. S., Muqtadiroh, F. A., & Nugraha, N. F. (2014). Analisis dan Perancangan WikiBudaya dalam Rangka Melestarikan Budaya Bangsa dan Kearifan Lokal Nusantara. Jurnal SISFO, 5(2), 146-158. Pratama, I. K., Toenlioe, A. J., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Tari Boran Sebagai Langkah Pelestarian Kebudayaan Lamongan Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 103-108.
Pratama, I. K., Toenlioe, A. J., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Tari Boran Sebagai Langkah Pelestarian Kebudayaan Lamongan Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 103-108.
Sukmadinata,N.S.2017. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT Rosdakarya
Suryanti, I., & Hisri, T. B. (2018, July). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membangun Insan Kamil. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana.
Toenlioe,A.J.E.2017. Pengembangan Kurikulum Teori dan Catatan Kritis. Bandung: PT Refika Aditama.
Wibawa, I. W. E. A., Arthana, I. K. R., & Darmawiguna, I. G. M. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Warisan Budaya Indonesia berdasarkan Metadata Standar International Committee For Documentation (CIDOC) Berbasis User Generated Content (UGC). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (ISSN: 2252-9063), 4(5).
Wicaksono, M. A., Sihkabuden, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran yang Berupa Suplement Pada Muatan Lokal Khas Ngawi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 133-140.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p238
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Miftahur Rizka Maulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)