PENERAPAN PERMAINAN SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III DI SDK ST. FRANSISKUS LAWANG

Atalya Catraratnanggadi Lukitaningtyas, Eka Pramono Adi, Susilaningsih Susilaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan Scrabble dalam pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas III Sekolah Dasar, serta untuk mengetahui peningkatan kosakata siswa setelah menggunakan permainan Scrabble. Dengan menggunakan metode kuantitatif, data tersaji dalam bentuk angka dan grafik yang konkret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) penerapan permainan Scrabble dalam pembelajaran sangat baik, ditunjukkan dengan hasil respon siswa yakni 86% 2) terdapat peningkatan kosakata yang signifikan setelah siswa menggunakan permainan Scrabble di dalam pembelajaran Bahasa Inggris selama dua pertemuan, dibuktikan dengan perhitungan N-Gain yang menunjukkan adanya perbedaan peningkatan di mana hasil kelas eksperimen lebih tinggi dan Paired Sample Test menggunakan SPSS versi 25 menjukkan Sig. 0,000 < 0,05.

Abstract

This study was aimed to investigate the application of Scrabble board game in English learning of third-grade elementary school students. Furthermore, it is also intended to analyze the increase of student vocabulary after using the Scrabble board game. By using quantitative methods, the data is presented in the form of concrete numbers and graphs. The results showed that: 1) The application of a Scrabble board game had a very good impact on English learning, indicated by 86% of student responses 2) There was a significant increase on student vocabulary after using Scrabble board game within two meetings, proved by N-Gain calculations which show the difference in improvement with the experimental class results were higher and the Paired Sample Test using SPSS version 25 showed Sig. 0,000 <0.05.


Keywords


Media Permainan; Kosakata; Bahasa Inggris; Game; Scrabble; Vocabulary; English

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainul. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech. (1)1:9-20. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1784

Anggraini, Ariska Puspita. Retrieved March 1, 2019, from Kompas website: https://lifestyle.kompas.com/

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta

Basri, Hasan. (2014). Strategi Belajar Kosakata Bahasa Inggris (English Vocabulary) Mahasiswa TBI STAIN Pamekasan. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam. (11)2:431-444. Retrieved from http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/nuansa/article/view/540

Departemen Pendidikan Nasional. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia

Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. (1)4:104-117. Retrieved from https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf

Handayani, Sri. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN Community 2015. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah 3(1): 102-106. Retrieved from http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2016/05/PENTINGNYA-KEMAMPUAN-BERBAHASA-INGGRIS-SEBAGAI-DALAM-MENYONGSONG-ASEAN-COMMUNITY-2015_Sri-Handayani.pdf

Jauharoti, Alfin. (2015). Analisis Karakteristik Siswa pada tingkat Sekolah Dasar. In: Prosiding Halaqah Nasional dan Seminar Internasional Pendidikan Islam. Paper presented at Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam, 23 - 24 Mei 2014 (pp. 190-205). Surabaya.

Kirom, Askhabul. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (3)1:69-80. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Kobzeva, Nadezda. (2015). Scrabble As A Tool For Engineering Students’ Critical Thinking Skills Development. In : Procedia - Social and Behavioral Sciences. Paper presented at 4th World Conference On Educational Technology Researches, 28 - 29 November 2014 (pp. 369-274). Spain.

Lisiswanti. (2015). Peranan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Kesehatan. (6)1:102-105. Retrieved from https://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK/article/view/37

Maryuliana. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (1)2:1-12. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/EI/article/view/829

Mulyati, Yeti. (2017). Kosakata Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah (Kajian Jenis Kata, Bentuk Kata, Jenis Makna, dan Medan Makna). Bahasa dan Seni 45(1): 99-106 . Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jbs/article/view/681

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Tumardi dan Sopingi. (2013). Teori Belajar Pembelajaran. Malang: UM

Yamin. M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar (1)5: 82-97. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7974




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Atalya Catraratnanggadi Lukitaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats