Penerapan Prinsip Belajar Behavioristik dalam Kegiatan Muhadharah Di Tarbiyatu Muallimien Al-Islamiyah Pondok Al-Amien Prenduan Sumenep Madura
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan prinsip belajar behavioristik dalam kegiatan muhadharah di TMI AL-AMIEN Prenduan Sumenep Madura . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawanara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan narasumber menggunakan purposive sampling untuk mendapatkan data yang mendalam tentang fokus penelitian. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi dari ketikga teknik penelitian yang diunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip belajar behavioristik dalam kegiatan muhadharah di TMI Al-Amien Prenduan tercermin dalam setiap proses pelaksanaan muhadharah. Mulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan masing-masing menggunakan prinsip belajar yang berbeda di setiap prosesnya.
Abstract
The purpose of this study was to analyze the application of the principles of behavioristic learning in Muhammadiyah activities at TMI AL-AMIEN Prenduan Sumenep Madura. This research is descriptive qualitative research using in-depth interviews, observation, and documentation. The technique of determining the sources uses purposive sampling to get in-depth data about the focus of the study. For data analysis techniques used are triangulation of when the research techniques used. The results of this study indicate that the application of the principles of behavioristic learning in muhadharah activities at TMI Al-Amien Prenduan is reflected in every process of implementing muhadharah. Starting from the preparation, implementation and evaluation of each activity using different learning principles in each process.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Hasan, Nur. 2016. Pendekatan Behavior terhadap Efikasi Diri. Repository IAI Ibrahimy Situbondo * (1). Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/lisan/article/view/2147/1598.
Laela, Farihatush Sholihah. 2010. Pelaksanaan Pendidikan Muhadharah Sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa (Studi Kasus di SMP Al-Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011).
Muhaimin, et,.al. 2002. Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Cet. II. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Munawwir, Ahmad Warson. 1990. Kamus Al-Munawwir. Yogyakarta : Pondok Pesantren Al-Munawwir
Nahar, Novi Irwan. 2016. Penerapan Teori balajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial). 1. 2541-657X
Oktariska, Bariyah. Toenlioe, Anselmus J.E. Susilaningsih. 2018. Studi Kasus Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Peduli Hidup SIswa Di SMKN 6 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan ,1 (2) 2615-8787 Retrieved From http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3411
Riska Oktari, Fima. 2017. Strategi Pelatihan Muhadharah Terhadap Kemampuan Berpidato Santri Pondok Pesantren Darul Falah Teluk Betung Bandar Lampung. Repository UIN Raden Intan Lampung. Retrieved From http://repository.radenintan.ac.id/2329/
Rusli, RK. Kholik, MA. 2013. Teori belajar dalam psikologi pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora. 4 (2)2087-4928
Rusuli, Izzatur. 2014. Refleksi Teori Belajar Behavioristik Dalam Prespektif Islam. Jurnal Pencerahan. 8 (1). 1693-7775
Sanyata, Sigit. 2012. Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik Dalam Konseling. Jurnal Paradigma. 14 (VII) 1907-297x
Setiawan, Eko. 2015. Strategi Muhadharah Sebagai Metode Pelatihan Dakwah bagi Kader Da`I Di Pesantren Daarul Fikri Malang. Jurnal Penelitian STAIN Jember Vol 14 (2)1412-5489 Retrieved From http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/fenomena/article/view/210
Suryabrata, Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers. Cet.5
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta :PT. RajaGrafindo Persada. Cet.3
Thobroni, M. 2017. Belajar & Pembelajaran; Teori dan Praktik. Yogyakarta. AR-RUZZ Media
Zamzami, Muh. Rodhi. 2015.penerapan Reward And Punishment Dalam Teori Belajar Behaviorisme.TA`LIMUNA.Vol.4 (1) 2085-2975. Retrieved fromhttp://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/talimuna/article/view/111
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Arie Muhammad Dliyauddin, Zainul Abidin, Agus Wedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)