IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL KETERAMPILAN BATIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANTUR KABUPATEN MALANG

Tri Wahyuni Azzadi Ningrum, I. Nyoman Sudana Degeng, Saida Ulfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum muatan lokal batik di SMPN 2 Bantur. Tujuan kurikulum muatan lokal keterampilan batik, isi kurikulum keterampilan batik, sumberbelajar dalam pembelajaran keterampilan batik, proses pembelajaran keterampilan batik, evaluasi pembelajaran keterampilan batik di SMPN 2 Bantur. Subyek peneliti adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum, guru, dan siswa Sekolah Menengah Pertaman Negeri 2 Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Hasil menunjukan keterangan mengenai tujuan kurikulum, isi kurikulum, sumber belajar, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, dari 5 aspek tersebut dapat diambil keterkaitan anatra kurikulum muatan lokal dengan penerapan kurikulum tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan,wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan uji kredibilitasi dan uji dependability. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, penginterpresian data, dan pengecekan keabsahan data.

Abstract

This study aims to determine the implementation of batik local content curriculum in SMPN 2 Bantur. The objectives of the curriculum for local content of batik skills, the content of batik skills curriculum, the source of learning in learning batik skills, the process of learning batik skills, evaluating the learning of batik skills in SMPN 2 Bantur. The subjects of the study were the school principal, curriculum coordinator, teachers, and students of the Public Middle School 2 Bantur, Bantur District, Malang Regency. The results show information about the curriculum objectives, curriculum content, learning resources, learning process, and learning evaluation, from the 5 aspects can be taken the link between the curriculum of local content with the application of the curriculum. Data collection techniques used were participant observation, in-depth interviews, and documentation. The validity of the data is tested by the credibility test and the dependability test. Data analysis activities start from collecting data from observations, interviews, and documentation, data expression, and checking the validity of the data.


Keywords


Kurikulum Muatan lokal; Keterampilan batik

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2). https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/449

Dini, Amalia. 2016, Pengembangan Muatan Lokal Sebagai Salah Satu Strategi Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 11 (3) Retrieved from http://publication.aspropendo.or.id/index.php/jpei/article/view/5/4

Edy, Tandililing. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran MatematikaDi Sekolah https://eprints.uny.ac.id/10748/1/P%20-%2025.pdf

Ihwan, Mahmudi. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta'dib, 6(1). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/551

Firmansyah, Farit. 2007. Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan. http://www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/207/198

Fuadin., & Karya. 1996. Eavaluasi kurikulum. Jakarta. PT. Prestasi Pustaka Ray

Idi, Abdullah.2010. Penggembangan Kurikulum Teori & Praktik. Jogjakarta: Arruzz Media

Judiani, Sri. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280-289. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/519

Kusnawan, A. (2010). Perencanaan Pendidikan Tinggi Dakwah Islam. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 5(15), 897-920. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/idajhs/article/view/427

Lazwardi, D. (2017). IMPLEMENTASI EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DI TINGKAT SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH. AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 7(2), 142-156. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/2267

Musman, Asti & Ambar B.Arini. (2011). Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: G-Media.

Rabiah, Sitti. (2018). Revitalisasi Bahasa Daerah Makassar melalui Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Makassar sebagai Muatan Lokal. https://osf.io/preprints/inarxiv/bu64e/

Somantri. M. (2014). Perencanaan Pendidikan. Bandung.IPB Press.

Saputra, syaiman. 2012. Muatan Lokal pada Sekolah Bertaraf Internasional, Retrieved from (http://suarajakarta.co/urnalis-warga/muatan-lokal-pada-sekolah-bertaraf-internasional/?like=d&_wpnoce=d19428bcb3

Toenlioe, A,J. (2016). Pengembangan Kurikulum Teori dan Teknis. Modul disajikan dalam Kuliah Model PengembanganKurikulum, Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UM, Malang 2016

Sukmadinata, Nana S. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wibawa, Sutrisna. (2007). Implementasi pembelajaran Bahasa Daerah sebagai muatan lokal. Yogyakarta:“Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131570315/penelitian/MAKALAH+SUTRISNA+W.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tri Wahyuni Azzadi Ningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
Jinotep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.