Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Keterampilan Batik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bantur Kabupaten Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum muatan lokal batik di SMPN 2 Bantur. Tujuan kurikulum muatan lokal keterampilan batik, isi kurikulum keterampilan batik, sumberbelajar dalam pembelajaran keterampilan batik, proses pembelajaran keterampilan batik, evaluasi pembelajaran keterampilan batik di SMPN 2 Bantur. Subyek peneliti adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum, guru, dan siswa Sekolah Menengah Pertaman Negeri 2 Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Hasil menunjukan keterangan mengenai tujuan kurikulum, isi kurikulum, sumber belajar, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, dari 5 aspek tersebut dapat diambil keterkaitan anatra kurikulum muatan lokal dengan penerapan kurikulum tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan,wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan uji kredibilitasi dan uji dependability. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, penginterpresian data, dan pengecekan keabsahan data.
Abstract
This study aims to determine the implementation of batik local content curriculum in SMPN 2 Bantur. The objectives of the curriculum for local content of batik skills, the content of batik skills curriculum, the source of learning in learning batik skills, the process of learning batik skills, evaluating the learning of batik skills in SMPN 2 Bantur. The subjects of the study were the school principal, curriculum coordinator, teachers, and students of the Public Middle School 2 Bantur, Bantur District, Malang Regency. The results show information about the curriculum objectives, curriculum content, learning resources, learning process, and learning evaluation, from the 5 aspects can be taken the link between the curriculum of local content with the application of the curriculum. Data collection techniques used were participant observation, in-depth interviews, and documentation. The validity of the data is tested by the credibility test and the dependability test. Data analysis activities start from collecting data from observations, interviews, and documentation, data expression, and checking the validity of the data.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Ramli. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2). https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/449
Dini, Amalia. 2016, Pengembangan Muatan Lokal Sebagai Salah Satu Strategi Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 11 (3) Retrieved from http://publication.aspropendo.or.id/index.php/jpei/article/view/5/4
Edy, Tandililing. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran MatematikaDi Sekolah https://eprints.uny.ac.id/10748/1/P%20-%2025.pdf
Ihwan, Mahmudi. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta'dib, 6(1). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/551
Firmansyah, Farit. 2007. Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan. http://www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/207/198
Fuadin., & Karya. 1996. Eavaluasi kurikulum. Jakarta. PT. Prestasi Pustaka Ray
Idi, Abdullah.2010. Penggembangan Kurikulum Teori & Praktik. Jogjakarta: Arruzz Media
Judiani, Sri. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280-289. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/519
Kusnawan, A. (2010). Perencanaan Pendidikan Tinggi Dakwah Islam. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 5(15), 897-920. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/idajhs/article/view/427
Lazwardi, D. (2017). IMPLEMENTASI EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DI TINGKAT SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH. AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 7(2), 142-156. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/2267
Musman, Asti & Ambar B.Arini. (2011). Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: G-Media.
Rabiah, Sitti. (2018). Revitalisasi Bahasa Daerah Makassar melalui Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Makassar sebagai Muatan Lokal. https://osf.io/preprints/inarxiv/bu64e/
Somantri. M. (2014). Perencanaan Pendidikan. Bandung.IPB Press.
Saputra, syaiman. 2012. Muatan Lokal pada Sekolah Bertaraf Internasional, Retrieved from (http://suarajakarta.co/urnalis-warga/muatan-lokal-pada-sekolah-bertaraf-internasional/?like=d&_wpnoce=d19428bcb3
Toenlioe, A,J. (2016). Pengembangan Kurikulum Teori dan Teknis. Modul disajikan dalam Kuliah Model PengembanganKurikulum, Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UM, Malang 2016
Sukmadinata, Nana S. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wibawa, Sutrisna. (2007). Implementasi pembelajaran Bahasa Daerah sebagai muatan lokal. Yogyakarta:“Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131570315/penelitian/MAKALAH+SUTRISNA+W.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Tri Wahyuni Azzadi Ningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)