Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Fotosintesis untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Rista Yunita, Henry Praherdhiono, Eka Pramono Adi

Abstract


Abstrak

Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran berbasis komputer yang merupakan salah satu implementasi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.multimedia interaktif mata pelajaran IPA materi fotosintesis ini merupakan sarna  pembelajaran individual untuk siswa belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif matapelajaran IPA materi fotosintesis yang layak untuk mempermudah proses belajar siswa. Pada pengembangan ini digunakan model Lee dan Owens (2004). Hasil pengembangan multimedia interaktif ini dikatakan valid dan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan dari 1 ahli media dengan presentase 95%, 1 ahli materi sebesar 90% , dan dalam uji coba perseorangan mendapatkan presentase 95%, dari ujicoba kelompok kecil sejumlah 4 siswa 90%, dan ujicoba lapangan sejumlah 23 siswa 90,17%. Dengan demikian, multimedia interaktf yang dikembangkan dalam materi fotosintesis dapat menjadi solusi bagi para siswa untuk mempermudah proses belajar mengajar.

Abstract

Interactive multimedia is a computer-based learning media which is one of the implementation of advances in information and communication technology. Interactive multimedia subject matter of photosynthesis material is a means of individual learning for independent learning students. This research aims to develop interactive multimedia natural science subjects photosynthesis that is feasible to facilitate the learning process of students. In this development the Lee and Owens (2004) model was used. The results of this interactive multimedia development are said to be valid and feasible to be applied in the learning process. Data was collected from 1 media expert with a percentage of 95%, 1 material expert at 90%, and in the individual trials got a percentage of 95%, from small group trials totaling 4 students 90%, and field trials totaling 23 students 90.17%. Thus, interactive multimedia developed in photosynthesis material can be a solution for students to facilitate teaching and learning.


Keywords


Pengembangan media pembelajaran; multimedia interaktif

Full Text:

PDF

References


Alfindasari, D., & Surahman, E. (2014). Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Era Global: Sebuah Tinjauan Terhadap Penelitian Teknologi Pendidikan di LPTK. Proceeding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 36.

Darmawan, D. (2011). Teknologi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 151.

Daryanto, D. (2010). Media pembelajaran. Yogjakarta, Gava Media.

Fenty, E. M. A., & Nurochmah, D. (2014). Implementasi Augmented Reality Pada Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Fotosintesis Untuk Siswa Kelas 5 SD Budi Luhur Pondok Aren. Semantik, 4(1).

Hamalik, D. O. (1995). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Kurniawan, A. S. (2011). Visualisasi tiga dimensi proses fotosintesis tumbuhan menggunakan particle system (efek partikel)(studi kasus SDN Kebayoran lama Selatan 13 Pagi).

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (1998). A cognitive theory of multimedia learning: Implications for design principles. Journal of Educational Psychology, 91(2), 358–368.

Mayer, R., & Mayer, R. E. (2005). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge university press.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). A learner-centered approach to multimedia explanations: Deriving instructional design principles from cognitive theory. Interactive Multimedia Electronic Journal of Computer-Enhanced Learning, 2(2), 12–20.

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Novriliam, R., & Yunaldi, Y. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 141–150.

Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2008). Panduan Praktikum Multimedia. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Setyosari, P. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Siagian, S. P. (2002). Kiat meningkatkan produktivitas kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Surahman, E. (2017). Engaged Authentic Assessment (Eaa) Berbasis Self and Peer Assesment (Spa) Sebagai Inovasi Evaluasi Pembelajaran Abad 21. Grafika Indah, I, 69–81.

Surahman, E. (2019). INTEGRATED MOBILE LEARNING SYSTEM (IMOLES) SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN MASYARAKAT PEBELAJAR UNGGUL ERA DIGITAL. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56.

Surahman, E., & Alfindasari, D. (2017). Developing Adaptive Mobile Learning with the Principle of Coherence Mayer on Biology Subjects of High School to Support the Open and Distance Education. 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017). Atlantis Press.

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26–37.

Surahman, E., Wedi, A., Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Atlantis Press.

Tayibnapis, F. Y. (2000). Evaluasi program. Jakarta: Rineka Cipta.

Wu, W. H., Jim Wu, Y. C., Chen, C. Y., Kao, H. Y., Lin, C. H., & Huang, S. H. (2012). Review of trends from mobile learning studies: A meta-analysis. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.03.016




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rista Yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats