Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar

Karina Permatasari, I Nyoman Sudana Degeng, Eka Pramono Adi

Abstract


Abstrak

Keterbatasan pemahaman abstrak dan proses saintifik pembelajaran IPA yang disampaikan guru secara verbal menyebabkan penyampaian pesan kurang efektif dan kurang efisien. Maka dari itu perlu diwujudkan video pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran IPA sesuai dengan gaya belajar visual siswa tunarungu. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa video pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup yang difungsikan sebagai suplemen untuk siswa tunarungu SLB-B YPLB Blitar dalam bentuk DVD video pembelajaran yang valid disertai buku panduan penggunaan. Model pengembangan Arief S. Sadiman (2008:101) digunakan sebagai acuan dalam penelitian dan pengembangan video pembelajaran. Hasil ujicoba video pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup menunjukkan hasil sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran, baik di kelas maupun secara mandiri. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan penilaian siswa terhadap video pembelajaran ini dalam kategori sangat baik.

Abstract

The limitations of abstract thinking and scientific process of Science Class delivered by the teacher verbally causes the delivery of messages to be less effective and less efficient. Therefore it is necessary to create a learning video that support the Science subject in accordance with the visual learning style of deaf students. This research and development aims to produce a product in the form of a learning video of Adaptation of Living Things that functions as a supplement for deaf students of SLB-B YPLB Blitar in the form of a valid learning video DVD accompanied by a user manual. Arief S. Sadiman's development model (2008: 101) is used as a reference in research and development of instructional videos. The results of testing learning video Adaptation of Living Things show very good results and are suitable for use in the learning process, both in class and independently. The results of the validation of media experts, material experts, and student assessments of this learning video are in the excellent category.

Keywords


Suplemen Video Pembelajaran; Adaptasi Makhluk Hidup; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, A. (2015). “Video” Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Pancaran Pendidikan, 4(1), 55–68.

Arikunto, S. (2011). Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Aditya Media.

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 36.

Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Azizah, R. R., & Sulthoni, S. (2014). Pengaruh Metode “Kubaca” Dengan Gambar Terhadap Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas I SDLB. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 145–149.

Dermawan, O. (2013). Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di slb. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897.

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. psikosain.

Fadhli, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–33.

Hernawan, A. H., Zaman, B., & Riyana, C. (2007). Media pembelajaran sekolah dasar. UPI Press. Bandung.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV Di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50.

Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih, S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–156.

Koranyi, J. (1984). Video in Language Teaching. Educational Media International, 21(1), 11–14. https://doi.org/10.1080/09523988408548785

Kustiawan, U., Tweet, B. P. D. H. S., Ilmiah, K., Psikologi, F. P., Penelitian, L., Masyarakat, P. K., … Elektronik, L. P. S. (2015). Media Pembelajaran Sekolah Inklusif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.

Mudjiyanto, B. (2018). Pola Komunikasi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Bagian B Kota Jayapura. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(2), 151–166.

Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi Dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327–332.

Nugroho, T. A. T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, PGSD, Yogyakarta.

Purwono, U. (2008). Kisi-kisi Lembar Penilaian Ahli Materi Badan Standart Nasional Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadiman, A. (2010). Media pendidikan. Rajawali Pers.

Straetz, K., Kaibel, A., Raithel, V., Specht, M., Grote, K., & Kramer, F. (2004). An e-learning environment for deaf adults. Conference Proceedings 8th ERCIM Workshop “user Interfaces for All.

Sudaryono, G. M., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zahroh, F., Habibi, H., & Herowati, H. (2018). Pengembangan Media Video Sains Interaktif Untuk Siswa Slb Tunarungu. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2).

Zakia, D. L., Sunardi, S., & Yamtinah, S. (2016). Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu Kelas XI Di Kabupaten Sukoharjo. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Karina Permatasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats