Keterampilan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Perspektif Manajemen Perubahan
Abstract
Abstract: The research objective is to describe the principal’s interpersonal communication skills in a change management perspective. Research uses a qualitative approach. Data was collected by interview, observation, and documentation methods. The results of the study are: (1) the process of interpersonal communication of the head of the Public Elementary Sumbergondo 2 Batu by forming, strengthening interpersonal relations to create an open attitude; (2) ways of interpersonal communication with family and cultural approaches; (3) media in interpersonal communication, namely mobile phones and bulletin boards; (4) inhibiting factors, namely the mindset and age factor of the teacher, while the supporting factors are technological progress and teacher’s commitment to change; (5) changes are sought through internal and external efforts; and (6) the principal’s interpersonal communication in a change management perspective with a persuasive, dialogical, and motivational approach.
Abstrak: Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan keterampilan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam perspektif manajemen perubahan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah: (1) proses komunikasi interpersonal kepala SDN Sumbergondo 2 Kota Batu dengan membentuk, menguatkan hubungan interpersonal hingga menimbulkan sikap terbuka; (2) cara komunikasi interpersonal dengan pendekatan kekeluargaan dan budaya; (3) media dalam komunikasi interpersonal yaitu hand phone dan papan pengumuman; (4) faktor penghambat yaitu mindset dan faktor usia guru sedangkan faktor pendukung yaitu adanya kemajuan teknologi dan komitmen guru untuk berubah; (5) perubahan diupayakan melalui upaya internal dan eksternal; dan (6) komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam perspektif manajemen perubahan dengan pendekatan persuasif, dialogis, dan pemberian motivasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriana, D. W. S. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah PPKN IKIP Veteran Semarang, 40-50.
Afriantoni. (2014). Implementasi Manajemen Perubahan di MAN 3 Palembang Sumatera Selatan. TA’DIB, XIX(2), 169-202.
Akbar, A. (2012). Hubungan Komunikasi Antarpribadi dengan Motivasi Kerja Karyawan Pada Divisi Pemasaran Republik Insula. Wacana, XI(1).
Ayun, P. Q. (2015). Penggunaan Instan Messenger dan Komunikasi Interpersonal Remaja. Jurnal Ilmu Sosial, 14(2), 111-120.
Bafadal, I., Juharyanto, Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2018). Principal Leadership and its Relationship with Student Learning Achievements: A Regression Analysis. Proceeding 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), Theme: The Challenges of Educational and Technology in Global and Local Era, Department of Educational Administration Faculty of Education Universitas Negeri Malang, Malang, (pp. 156-158). Atlantis Press.
Budyatma, & Mutmainnah, N. (2005). Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Darodjat, T. A. (2015). Konsep-konsep Dasar Manajemen Personalia Masa Kini. Bandung: PT Refika Aditama.
Dewi, K. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Pemberian Reward terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Kristen Petra 9 Surabaya. Journal of Petra Bussines and Management Review, 2(1).
Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta: Kanisius.
Elisa. (2017). Komunikasi Antarpribadi dan Perubahan Perilaku (Studi Deskripstif Komunikasi Antarpribadi Petugas Rutan dengan Napi dalam Melakukan Perubahan Perilaku Napi di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanjung Pura, Langkat). Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 6(3), 1-10.
Hardjana, A. (2007). Komunikasi Interpersonal & Interpersonal. Yogyakarta: Kanisus.
Husna, N. (2017). Dampak Media Sosial terhadap Komunikasi Interpersonal Pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. LIBRIA, 9(2), 183-196.
Gunawan, I. (2017). Instructional Leadership Profile of Junior High School’s Principal (A Case Study of Junior High School in Malang). International Research-Based Education Journal, 1(1), 64-68.
Gunawan, I. (2018). Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Pengantar. Malang: Universitas Negeri Malang, UM Press.
Kasali, R. (2007). Re-Code Your DNA: Membebaskan Belenggu-Belenggu untuk Meraih Keberanian & Keberhasilan dalam Pembaharuan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kempa, R. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Studi tentang Hubungan Perilaku Kepemimpinan, Keterampilan Manajerial, Manajemen Konflik, Daya Tahan Stres Kerja dengan Kinerja Guru. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2016). Principal Empowerment Through Soft System Methodology Approach. Proceeding International Conferences on Education and Training, 2nd ICET Theme: Improving the Quality of Education and Training Through Strengthening Networking, Faculty of Education Universitas Negeri Malang, Malang, (pp. 205-211).
Manalu, D. M. (2014). Komunikasi Antarpribadi melalui Media Sosial (Skype) pada Mahasiswa Universitas Riau. JOM FISIP, 1(2), 1-13.
Mirfani, A. M. (2016). Manajemen Perubahan Pada Satuan Pendidikan Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(1), 62-80.
Pontoh, W. P. (2013). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak (Studi pada Guru-guru Di TK Santa Lucia Tuminting). Acta Diurna, 1(1), 1-11.
Prabawanti, B. E. (2008). Peran Komunikasi Sebagai Pendukung Perubahan Organisasi. Bina Ekonomi Majalah Ilmiah Fakultas Ekonomi Unpar, 12(1), 78-86.
Rakhmat, J. (2000). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riza, M. F., & Masykur, A. M. (2015). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Siswa dengan Kedisiplinan Pada Siswa Kelas VIII Reguler MTsN Nganjuk. Jurnal Empati, 4(2), 146-152.
Sihabudin, A. (2011). Komunikasi antar Budaya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sudharta, Mujiati, M., Rosidah, A., & Gunawan, I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 109-123.
Sultoni, Gunawan, I., & Rosalinda, T. N. (2018). Pengaruh Pembentukan Tim dan Kepemimpinan Spiritual terhadap Motivasi Diri Mahasiswa. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 210-216.
Sobri, A. Y., Bafadal, I., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2018). Development of Mentoring Modules Based on Self-Reflection for Beginner Principal. Proceeding 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), Theme: The Challenges of Educational and Technology in Global and Local Era, Department of Educational Administration Faculty of Education Universitas Negeri Malang, Malang, (pp. 133-139). Atlantis Press.
Tua, B. S. (2017). Komunikasi Antarpribadi Pimpinan dan Pegawai dalam Meningkatkan Motivasi Kerja di Kantor Desa Dayun Kabupaten Siak. JOM FISIP, 4(2), 2-15.
United States Agency for International Development. 2016. Pembelajaran Kelas Dunia di SD Negeri Sumbergondo 2 Batu, (online), (https://prioritaspendidikan.org/id/media/view/detail/608/pembelajaran-kelas-dunia-di-sdn-sumbergondo-02-batu-), diaskses 15 Februari 2018.
Usman, H. (2014). Manajemen: Teori, Prakrik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, P. W. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Kelas IIIB SDIT Luqman Al-Hakim Internasional, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IV(4).
Widodo, H. (2017). Manajemen Perubahan Budaya Sekolah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 287-306.
Winardi, J. (2008). Manajemen Perubahan (The Management of Change). Jakarta: Kencana.
Yaqinah, S. N. (2014). Implikasi Komunikasi Interpersonal terhadap Perubahan Sikap Individu. Komunike, 6 (1), 39-50.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i22019p055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Mardhatillah Andana Dwiayuni
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.