Implementasi Program Sekolah Berbasis Ramah Anak untuk Menguatkan Nilai Panca Karakter Siswa

Neris Eka Agustina

Abstract


Abstract: The objective of this research to find out and describe the implementation of child-friendly school programs to strengthen panca karakter’s value of students including: (1) the characteristics of the panca karakter’s values which became as the reference / vision of Elementary School Anak Saleh; (2) child-based school programs to strengthen panca karakter’s value; and (3) the contributions and efforts of school community in supporting child-friendly school-based programs to strengthen panca karakter’s value of students in SD Anak Saleh. This research was conducted through a qualitative approach and the type of this research was a case study. Data collection techniques in this study used interview, observation, and documentation. The results of this research were: (1) panca karakter’s value including: (a) personal piety which emphasizes faith and morals, (b) social piety emphasizes caring, communication and interaction, (c) natural piety emphasizes maintaining and loving the environment, and (d) scholarly piety emphasizes creative, innovative thinking skills and a balance between mind and heart; (2) child-friendly school-based programs including homebase systems, morning activities, green mom community, and school outing activities; (3) the contributions and efforts of the chairman of the foundation were in the form of giving instruction, guidance and providing child-friendly facilities and infrastructure, the headmaster’s contributions and efforts were divided into two, namely formative and substantive field, the contributions and efforts of teachers and education staff were in the form of giving motivation, the contributions and efforts of school committees that always become school partners to collaborate in achieving of child-based school programs.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi program sekolah berbasis ramah anak untuk menguatkan nilai panca karakter siswa meliputi: (1) karakteristik nilai panca karakter yang menjadi acuan/visi SD Anak Saleh; (2) program sekolah berbasis ramah anak untuk menguatkan nilai panca karakter; dan (3) kontribusi dan upaya warga sekolah dalam mendukung program sekolah berbasis ramah anak untuk menguatkan nilai panca karakter siswa di Sekolah Dasar (SD) Anak Saleh. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) panca karakter meliputi: (a) kesalehan personal yang menitikberatkan pada akidah dan akhlak, (b) kesalehan sosial menitikberatkan pada peduli, komunikasi, dan interaksi, (c) kesalehan kealamiahan menitikberatkan pada menjaga dan mencintai lingkungan sekitar, dan (d) kesalehan kecendekiaan menitikberatkan pada kemampuan berfikir kreativ, inovatif dan keseimbangan antara olah pikir dan hati; (2) program sekolah berbasis ramah anak meliputi homebase system, morning activity, green mom community, serta kegiatan outing sekolah; (3) kontribusi dan upaya dari ketua yayasan yaitu berupa instruksi, pembinaan serta menyediakan sarana dan prasarana ramah anak, kontribusi dan upaya kepala sekolah terbagai menjadi dua yaitu upaya formatif dan substantif, kontribusi dan upaya guru dan tenaga kependidikan berupa motivasi serta kontribusi dan upaya komite sekolah yang senantiasa menjadi rekanan sekolah untuk bekerjasama dalam menyukseskan program sekolah berbasis ramah anak.


Keywords


implementation of school program; child-friendly; panca karakter; implementasi program sekolah; ramah anak; panca karakter

Full Text:

PDF

References


Andriningrum, H., & Gunawan, I. (2018). Cultivatation of Healthy Life for Students in School: A Literature Review. Proceedings of the International Conference on Education and Technology (ICET 2018), Faculty of Education Universitas Negeri Malang, Malang, (pp. 223-224). Atlantis Press.

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50-58.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat. Mengenal dan Mengembangkan Sekolah Ramah Anak. (2015). (online). (http://dp3akb.jabarprov.go.id/mengenal-dan-mengembangkan-sekolah-ramah-anak/), diakses 15 April 2019.

Fauziati, E. (2017). Sekolah Ramah Anak Model Pembelajaran di Era MEA. Paper dipresentasikan dalam Seminar Nasional, Demak.

Fitri, A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum. (online). (http://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Pendidikan-Karakter-dalam-kurikulum.pdf), diakses 17 Februari 2019.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. South East Asian Journal for Youth, Sport, & Health Education, 4(1), 18-26.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2018). Pers Release Ekspose Pengawasan KPAI bidang Pendidikan April-Juli 2018 Trauma Berat, Cidera Fisik Sampai Kematian Akibat Kekerasan di Sekolah. (online), (http://www.kpai.go.id/berita/pers-release-ekspose-pengawasan-kpai-bidang-pendidikan-april-juli-2018-trauma-berat-cidera-fisik-sampai-kematian-akibat-kekerasan-di-sekolah), diakses 15 Februari 2019.

Majid, A., & Andayani, D. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2014). Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Misnatun. (2016). Pola Pembentukan Karakter Anak melalui Pendidikan Ramah Anak dalam Prespektif Pendidikan Islam. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2).

Nathaliea, E. (2015). Sekolah sebagai Rumah Kedua. (online). (https://www.slideshare.net. /mobile/lienath7/25022015-new2), diakses 20 April 2019.

Ngadiyo. (2013). Homeschooling Melejitkan Potensi Anak. Majalah Embun, 49.

Risminawati, & Rofi’ah, S. N. (2014). Implementasi Pendidikan Ramah Anak dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 68-76.

Samsudin, S. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah. (online). (https://www.kompasiana.com/said_samsudin/59eb7961ff24052aa1296c62/pentingnya-pendidikan-berkarakter-di-sekolah), diakses 2 Mei 2019.

Subur, N., & Ilham. 2018. Implementasi Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Budaya Sekolah di SDN Geger Tegalrejo. Prosiding Konferensi Nasional ke 7, (pp. 23-30).

Sultoni, Gunawan, I., & Sari, D. N. (2018). The Internalization of Character Values to Students: A Descriptive Study. Proceedings of the International Conference on Education and Technology (ICET 2018), Faculty of Education Universitas Negeri Malang, Malang, (pp. 169-171). Atlantis Press.

Syafi’i. (2017). Upaya Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i22019p079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Neris Eka Agustina



Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

     


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats