Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Iis Daniati Fatimah

Abstract


Abstract: Implementation of “Make A Match” Learning Model with Picture Cards to Improve Motivation and Learning Outcomes for Student. This study aimed to describe the application of learning models make a match with the picture card media as well as to determine the increase in motivation and learning outcomes third grade students of Public Elementary School Kranjingan 5 Jember (SDN Kranjingan 5 Jember) after application of learning models make a match with the picture card media. This study uses classroom action research. This study using two cycles, each cycle consisting of three meetings. The subjects were students of class III SDN Kranjingan 5 Jember with 30 students.

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dengan media kartu bergambar serta untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN Kranjingan 5 Jember setelah penerapan model pembelajaran make a match dengan media kartu bergambar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kranjingan 5 Jember yang berjumlah 30 siswa.


Keywords


make a match model; picture cards; motivation; learning outcomes; model make a match; media kartu bergambar; motivasi; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Edition. New York: McGraw-Hill Companies.

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Dimyati, & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, I. 2007. Hubungan Keterlibatan Guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Gunawan, I. 2017. Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Lesson Study dan Dampaknya terhadap Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(1), 126-138.

Hakim, L. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Ifa, M. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2): 715-722.

Keuchak. 1998. Learning and Teaching (Reseach Bassed Method). Needham Height: Allyn and Bacon a Viacom Company.

Lie, A. 2002. Cooperatif Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia.

Pudjiastuti & Dyah, S. 2004. Metode Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, W. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiawan. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, I. G. A. N. 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1),42-59.

Sispurwo, J. 2011. Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Kelas 3 pada Pelajaran IPA melalui Model Make a Match Dipadu TPS (Think-Pair-share) SD Negeri Ardirejo Kepanjen. Tesis. Bandung: PPS UPI.

Sjukur, S. B. 2012. Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3): 368-378.

Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education, Inc.

Slavin, R. E. 2008. Educational Psychology. Massachusetts: Allyn & Bacon.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivis dalam Pendidikan, (cetakan kelima). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winda, A. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD Negeri Rungkut 01 Surabaya. Tesis. Surabaya: PPS UNESA.

Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wiraatmadja, R. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Zubaidah, S. 2001. Efektifitas Pengelolaan Kelas dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa SMU Negeri Se-Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i12017p028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats