Pengaruh Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa

Lalu Muh. Nurul Wahyu

Abstract


Abstract: The Effect of Buku Sekolah Elektronik (BSE) Utilization and Learning Motivation on IPS (Social Science) Achievement of Students. The results indicated that: (1) there is a difference in IPS achievement between students taught by BSE in classical and small groups; (2) there is a difference in IPS achievement between high motivated and low motivated students taught by BSE in a classical group; (3) there is a difference in IPS achievement between high motivated and low motivated students taught by BSE in small group; (4) there is a difference in IPS achievement between students taught by BSE in classical and small groups based on their high motivation; (5) there is a difference in IPS achievement between students taught by BSE in classical and small groups based on their low motivation; (6) there is an interaction between BSE utilization and learning motivation toward student achievement; and (7) students’ perceptions about BSE utilization on the ease of operating the computer is 75%, on the interest of using BSE is 79%, and on the preference of using BSE is 80%.

Abstrak: Pengaruh Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang diajar dengan BSE secara klasikal dengan kelompok kecil; (2) ada perbedaan prestasi belajar IPS siswa yang diajar dengan BSE secara klasikal antara siswa bermotivasi tinggi dan bermotivasi rendah; (3) ada perbedaan prestasi belajar IPS siswa yang diajar dengan BSE secara kelompok kecil antara siswa bermotivasi tinggi dan bermotivasi rendah; (4) ada perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang diajar dengan BSE secara klasikal dan kelompok kecil dilihat dari motivasi tinggi; (5) ada perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang diajar dengan BSE secara klasikal dan kelompok kecil dilihat dari motivasi rendah; (6) ada interaksi antara pemanfaatan BSE dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa; dan (7) persepsi siswa terhadap penggunaaan BSE pada aspek kemudahan mengoperasikan komputer adalah sebesar 75%, pada aspek ketertarikan sebesar 79%, dan pada aspek kesukaan sebesar 80%.


Keywords


electronic book; learning motivation; achievement; buku sekolah elektronik; motivasi belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Astutik, P. 2012. Pengaruh Peggunaan Media CD Interaktif terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN Rejosari 01 Bantur. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan KSDP FIP UM.

Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2007. Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manajemen Pendidikan, 20(1), 21-31.

Gunawan, I., Suraya, S. N., dan Tryanasari, D. 2014. Pengaruh Supervisi Pengajaran dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 41(1), 44-52.

Irawan, Z., Sari, M. E., dan Setyoningrum, M. U. 2010. Analisis Implementasi Kebijakan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kementerian Pendidikan Nasional di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Yogyakarta (Studi kasus di SMA Negeri 8 dan SMA Negeri 9 Yogyakarta), (Online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/pelita/article/viewFile/4298/3723), diakses 2 Mei 2015.

Krathwohl, D. R. dan Anderson, L. W. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Lestari, D.K. 2009. Penerapan Pengajaran Kelompok Kecil dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Biologi FMIPA UM.

Mulyasa, E. 2005. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Salim, P, dan Salim, Y. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Suherman, E., dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Tobin, K. dan Gallagher, J. J. 1987. The Role of Target Students in the Science Classroom. Journal of Research in Science Teaching, 24(1): 61-75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats