Efikasi Diri sebagai Faktor Prediksi Kesiapan Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas Kuliah

Alfaiz Alfaiz, Zulfikar Zulfikar, Darma Yulia

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the level of self-efficacy of students as prediction factors of readiness to do classroom tasks. Students must have confidence in their readiness about the skills they are involved in, this is known as self efficacy. These variables were tested to see the role of self efficacy predicting the readiness of students in completing their college assignments and the results of this study found that these variables are more able to predict students readiness. Analysis of research data by using descriptive analysis and regression analysis. The sample of this research is the students of Department of Guidance and Counseling STKIP PGRI Sumatera Barat. The results showed that the students’ self efficacy had an effect on self-capability and individual student activity.

Keywords: self efficacy, self-preparedness

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efikasi diri mahasiswa sebagai faktor prediksi kesiapan mengerjakan tugas-tugas kuliah. Mahasiswa harus memiliki keyakinan diri terhadap kesiapan dirinya tentang keahlian yang mereka tekuni, hal ini dikenal dengan efikasi diri. Variabel ini yang diuji untuk melihat peran efikasi diri memprediksi kesiapan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya dan hasil penelitian ini ditemukan bahwa variabel ini lebih bisa memprediksi kesiapan mahasiswa. Analisis data penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Sampel penelitian adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri yang dimiliki mahasiswa berpengaruh terhadap kapabilitas diri dan aktivitas individu mahasiswa.

Kata kunci: efikasi diri, kesiapan diri


Full Text:

PDF

References


Alfaiz, D. 2015. Peranan Self Efficacy sebagai Atribut Psikologi dalam Kesiapan Karir Mahasiswa pada Tingkat Perguruan Tinggi. Prosiding Internasional Asean Comparative Education Research – Network (ACER-N 2015), Institut KWSP Kajang, Malaysia.

Alfaiz, D., & Syahniar, 2013. Kontribusi Efikasi Diri dan Konsep Diri terhadap Kesiapan Arah Karir Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 6(1), 12-9.

Alfaiz, D., & Yandri, H. 2015. Self Concept and Self Efficacy As A Ground Points in A Social Activities (An Analysis of Psychology Perspective: A Social Cognitive Theory). Jurnal Pelangi, 7(2), 45-52.

Alfaiz, D., & Zulkifli, 2014. The Role of Observational Learning to Shape An Affective Aspect in Social Life. Prosiding Konferensi Internasional Konseling, Universitas Negeri Medan.

Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Bandura, A. 1986. Social Foundation of Thought and Action: Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.

Bandura, A. 1997. Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: Freeman and Company.

Bandura, A. 2009. Self-Efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University Press.

Boeree, G. 2004. Personality Theories. Yogyakarta: Prismasophie.

Brammer, L. M. 1982. Therapeutic Psychology. New Jersey: Prentice Hall.

Hergenhahn, B. R. 2010. Teori-teori Belajar. Jakarta: Kencana.

Idris. 2006. Aplikasi SPSS dalam Data Kuantitatif. Padang: UNP Press.

Pajares, F., & Urdan, T. 2006. Self-Efficacy Beliefs of Adolescents. New Jersey: Prentice Hall.

Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. 2012. Jakarta: Sekretarian Negara Republik Indonesia.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Schunk, D. H. 2008. Learning Theories An Educational Perspective. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Umar, H. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. 2013. Bandung: Citra Umbara.

Walgito, B. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi.

Yulia, D. 2015. Efikasi Diri Mahasiswa BK STKIP PGRI Sumatera Barat dalam Menyelesaikan Skripsi. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats