Kajian Deskriptif Penyelenggaraan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using di Sekolah Dasar Banyuwangi
Abstract
Abstract: The purpose of the study to illustrate the local content component planning of the curriculum also describes the implementation of local content curriculum in schools. This research use desciptive qualitative approach. The results show that implementation of local content in primary schools has many obstacles. Issues in the implementation of local content curriculum to date relate to all aspects of planning, implementation and evaluation. At this time it is imperative that a review of local content curriculum implementation of the Language of Use and requires evaluation as well as comprehensive updating. Research will provide input on existing programs.
Abstrak: Tujuan penelitian untuk menggambarkan perencanaan komponen muatan lokal kurikulum juga mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum muatan lokal di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi muatan lokal di sekolah dasar memiliki banyak hambatan. Persoalan dalam implementasi kurikulum muatan lokal sampai saat ini berkaitan dengan semua aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya. Saat ini sangat perlu diadakannya pengkajian ulang pelaksanaan kurikulum muatan lokal Bahasa Using dan memerlukan evaluasi juga pembaharuan secara menyeluruh. Penelitian akan memberikan masukan pada program yang sudah ada.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Peraturan Daerah Banyuwangi Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pembelajaran Bahasa Daerah di Banyuwangi. 2007. Banyuwangi: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.
Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 19 Tahun 2014 tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah sebagai Muatan Lokal Wajib di Sekolah/Madrasah, (Online), (http://www.mebermutu.org/admin/lampiran/pergub-no-19-tahun-2014-mulok1.pdf), diakses 23 Juni 2016.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2006. Jakarta: Sinar Grafika.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. 2006. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Purwanti, E. 2013. Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah dalam Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 1(1), 15-21.
Rijantho, A. 2012. Implementasi Kurikulum Muatan Lokal, (Online), (http://www.kumpulgurusdl.blogspot.com/2012/10/implementasi-kur-muatan-lokal.html), diakses 10 April 2015.
Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Bandung: Citra Umbara.
Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. 2000. Jakarta: Fokus Media.
Wibawa, S. 2007. Implementasi Pembelajaran Bahasa Daerah sebagai Muatan Lokal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22017p125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.