Pemahaman Pendidik tentang Makna Lagu Anak-Anak sebagai Pembentuk Karakter Anak Usia Dini
Abstract
Abstract: Educators understanding of the meaning of Song Children as the Character Shaping in Early Childhood. The focus of this research are: (1) to know children’s understanding of educators about the song; (2) to know the meaning of the songs as a way of forming a character; and (3) to know the character which has been successfully established through songs. This research used qualitative approach with kind of case study research. Results of the research obtained were the forming of positive character depends on the actors affecting them. Learning messages delivered by the educators are through role-play technique based on the messages contained in the song’s lyric.
Abstrak: Pemahaman Pendidik Tentang Makna Lagu Anak-Anak Sebagai Pembentuk Karakter Anak Usia Dini. Fokus penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pemahaman pendidik tentang lagu anak; (2) untuk mengetahui makna lagu sebagai pembentuk karakter; dan (3) untuk mengetahui karakter yang berhasil dibentuk melalui lagu. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pola pembiasaan perlu dilakukan berulang-ulang agar peserta didik bisa memiliki karakter yang positif. Pesan belajar yang disampaikan pendidik yakni melalui teknik bermain peran berdasarkan pesan yang terkandung dalam lirik lagu tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hastomi, I., & Sumaryati, E. 2012. Terapi Musik. Jogjakarta: Javalitera.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Jannah, L. A. 2013. Kesalahan-kesalahan Guru PAUD yang Sering Dianggap Sepele. Jogjakarta : DIVA Press.
Kompas. 2015. Lagu Anak Seluk Beluk Sejarah, (Online), (http://forum.kompas.com/musik/34175-lagu-anak-seluk-beluk-sejarah-dll.html), diakses 2 Mei 2016.
Kurniawan, S. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tingi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Latif, M. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Musfiroh, T. 2009. Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.
Ortiz, J. M. 2002. Menumbuhkan Anak-anak yang Bahagia, Cerdas dan Percaya Diri dengan Musik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Suyadi. 2011. Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.
Yusuf, S. 2010. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosmiati, A. 2014. Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan, (Online), (http://journal.isi.ac.id), diakses 6 Maret 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22017p151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.