Pengembangan Alat Permainan Keranjang Pintar dalam Pembelajaran Berbicara Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak

Mega Fitria Herdiati, Usep Kustiawan, Suryadi Suryadi

Abstract


Abstract: The Development of Educational Smart Basket in Learning Speaking Child Group B in Kindergarten. This research is aimed to produce a good educational Smart basket for the children of group B of Sejahtera Malang Kindergarten. This research is a Research and Development which used Dick and Carey model. The subject of this research is 25 children of group B of Sejahtera Malang Kindergarten. The methods applied in the data collection are questionnaire, interview, and live observation. The data analysis of this research employed technique qualitative and quantitative descriptive analysis in the form of percentages. The result of the research shows that the smart game tool is categorized as very valid, very effective, very complete, and educational game tool is declared worthy to be used as a learning media for children of group B of Sejahtera Malang Kindergarten.

 

Abstrak: Pengembangan Alat Permainan Keranjang Pintar dalam Pembelajaran Berbicara Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat permainan keranjang pintar yang layak untuk anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model Dick and Carey. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 anak kelompok B di TK Sejahtera Malang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, lembar wawancara, dan lembar observasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat permainan keranjang pintar dikategori sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dan alat permainan edukatif ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak kelompok B di TK Sejahtera Malang.

Keywords


gaming equipment development; smart basket; speaking; alat permainan; keranjang pintar; berbicara

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. 2014. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Badru, Z. 2006. Pengembangan Alat Permainan Edukatif untuk Anak Taman Kanak-kanak, (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197408062001121-BADRU_ZAMAN/pengembangan_APE_di_TK.pdf), diakses 2 Juli 2014.

Dhieni, N. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Eliyawati, C. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Frasiska, Y. M., dan Maryadi. 2014. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A Melalui Metode Contektual Teaching and Learning (CTL) di Paud Daqu School Semarang Tahun Ajar 2013/2014. Jurnal Penelitian PAUDIA, 3(1), 175-185.

Hurlock, E. B. 1995. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Kustiawan, U. 2013. Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Universitas Negeri Malang.

Montolalu, B. E. F. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sujiono, Y. N. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Yasin, S. 2012. Metode Belajar dan Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Adabiyah, 12(1), 13-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22017p178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats