Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Media Kartu Umbul untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar

Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the understanding of the concept of the fourth grade students of Public Elementary School Dinden 1 Kwadungan Ngawi (SDN Dinden 1 Kwadungan Ngawi) by implementing cooperative learning model of Teams Games Tournament type (TGT) with the help of umbul card. The approach used in this study is a qualitative approach and this type of research is a classroom action research (CAR). The subjects of the research in this study were students of Class IV SDN Dinden 1 Kwadungan Ngawi which amounted to 14 students. The data collection in this research is the learning implementation plan (RPP), student activity observation sheet, teacher observation activity sheet, student worksheet (lembar kerja siswa / LKS), test, and interview. The results showed that the percentage of Cycle I test results was 64.29% and the percentage of Cycle II test result was 92.86%. So that the cooperative learning model of TGT type with the banner card on the sum of integers, the reduction of integers, and solving the problems related to addition and subtraction of integers can improve students’ concept understanding from Cycle I to Cycle II that is 28.57%.

Keywords: cooperative learning, teams games tournament, concept comprehension, media card umbul

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa Kelas IV SDN Dinden 1 Kwadungan Ngawi dengan menenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media kartu umbul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Dinden 1 Kwadungan Ngawi yang berjumlah 14 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar observasi aktivitas siswa, lembar aktivitas observasi guru, lembar kerja siswa (LKS), tes, dan wawancara. Hasil penelitian diketahui bahwa persentase hasil tes Siklus I adalah 64,29% dan persentase hasil tes Siklus II adalah 92,86%. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu umbul pada materi penjumlahan bilangan bulat, pengurangan bilangan bulat, dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dari Siklus I ke Siklus II yaitu sebesar 28,57%.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, teams games tournament, pemahaman konsep, media kartu umbul


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asnawir, dan Usman, B. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Aqip, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Effendy, O. U. 2007. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gunawan, I. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, (Online), (http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/2_Metpen-Kuantitatif.pdf), diakses 12 Desember 2016.

Gunawan, I., Wardani, A. D., dan Thohari, A. 2008. Hubungan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model TGT (Teams, Game, and Tournament) Guru Mata Pelajaran Fisika dengan Tingkat Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Se-Kota Malang. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Ibrahim, R., dan Sukmadinata, N. S. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, A. M. 2012. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament (TGT) dengan Media Teka-teki Silang (TTS) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas IV A MI Sultan Agung Yogyakarta. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, E. D. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Batu. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats