Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Model Webbed untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Yunita Wildaniati

Abstract


Abstact: The purpose of this study is to improve the learning situation in the third grade of elementary school that the learning is not in accordance with the learning set by the Curriculum 2006 and does not pay attention to students’ mathematical communication ability. Therefore, this study applies thematic learning with webbed model to measure students’ mathematical communication ability. The type of research used is classroom action research, and implemented in one cycle. This classroom action research was conducted in MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Lampung Timur with the subject of third grade student research which amounted to 35 students. The results showed that classroom action research with the central theme “Rumahku” can measure students’ mathematical communication ability.

Key words: thematic instructions, webbed model, mathematical communication

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki situasi pembelajaran di kelas III SD bahwa pembelajaran belum sesuai dengan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Kurikulum 2006 dan tidak memperhatikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan pembelajaran tematik dengan model webbed untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dan dilaksanakan dalam satu siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Lampung Timur dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan tema sentral “Rumahku” dapat mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: pembelajaran tematik, model webbed, kemampuan komunikasi matematik


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Cai, J., Lane, S., dan Jakabcsin, M. S. 1996. Assessing Students’ Mathematical Comunication. Journal of Science and Mathematic, 96(5), 238-246.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdikbud.

Fogarty, R. 1991. How to Integrate the Curricula. Paltine: Skyligh Publishing, Inc.

Kartowagira, B. 2005. Dasar-dasar Penelitian Tindakan. Makalah disajikan dalam Penyegaran Penelitian Tindakan bagi Dosen IKIP PGRI Yogyakarta, Yogyakarta, 12 April.

Pugalee, K. D. 2001. Using Communication to Develop Students’ Mathematical Literacy. Mathematics Teaching in the Middle School, 6(5), 296-299.

Setiaty, R. P., Endang, B., dan Halida. 2014. Pembelajaran Terpadu Model Webbed dalam Memotivasi Belajar Anak Usia 4 s.d. 5 Tahun di TK Permata Bunda Pontianak Timur. Jurnal Infinity, 1(1), 20-19.

Sukayati. 2004. Pembelajaran Tematik di SD Merupakan Terapan dari Pembelajaran Terpadu. Makalah disajikan dalam Diklat Instruktur / Pengembang Matematika SD Jenjang Lanjut, Yogyakarta.

Umar, W. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity, 1(1), 12-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats