Pengembangan Media Monopoli Edukatif di Kelas Iv Sekolah Dasar

Zaky Ghufron, Goenawan Roebyanto, Sri Harmini

Abstract


Abstract: This study aims to produce an educative monopoly media product that is valid according to the expert and effective according to the user. In addition, it is expected to improve student learning outcomes. Research methods used by researchers in research and development. This educative monopoly media is a modified research and development model by the researcher himself. The steps of research and development model are: (1) identification of needs; (2) product design; (3) production; (4) product validation; (5) product revisions; (6) trial usage; and (7) revision of the final product. After going through the steps of research and development, the researchers conducted an analysis of the data obtained. The results of the researcher’s analysis show that this educative monopoly media is very effective in attracting students’ attention to learn and very effective in improving the result of fourth grade student of Public Elementary School 4 Malang (SDN Pandanwangi 4 Malang). Based on the results of research and development of this educative monopoly media, it is expected that fourth grade teachers to use this educative monopoly media in learning, as well as maintaining and storing the media of educative monopoly well after using it. In addition, other researchers are also expected to test this educative monopoly media in other schools to see its effectiveness.

Keywords: learning media, educative monopoly, elementary school

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media monopoli edukatif yang valid menurut ahli dan efektif menurut pengguna. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian dan pengembangan. Media monopoli edukatif ini yaitu model penelitian dan pengembangan hasil modifikasi oleh peneliti sendiri. Langkah-langkah model penelitian dan pengembangannya yaitu: (1) identifikasi kebutuhan; (2) desain produk; (3) produksi; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba pemakaian; dan (7) revisi produk akhir. Setelah melalui langkah-langkah penelitian dan pengembangan, peneliti melakukan analisis terhadap data-data yang didapatkan. Hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa media monopoli edukatif ini sangat efektif dalam menarik perhatian siswa untuk belajar serta sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pandanwangi 4 Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media monopoli edukatif ini, diharapkan guru kelas IV untuk menggunakan media monopoli edukatif ini dalam pembelajaran, serta merawat dan menyimpan media monopoli edukatif dengan baik setelah menggunakannya. Selain itu, diharapkan juga peneliti lain mengujicobakan media monopoli edukatif ini di sekolah lain untuk melihat keefektifannya.

Kata kunci: media pembelajaran, monopoli edukatif, sekolah dasar


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunawan, I. 2013. Revitalisasi Karakter Guru menurut Filosofis Jawa: Sebuah Gagasan Mengembangkan Kepribadian Siswa. Proceeding International Seminar on: Local Wisdom and Character Education for Elementary School Students, IKIP PGRI MADIUN, hlm. 48-62.

Gunawan, I. 2015. Optimalisasi Peran dan Tugas Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Implementasi Kebijakan Ujian Nasional, Dualisme Kurikulum, dan Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, hlm. 23-29.

Gunawan, I. 2016. Pasaran: Menggali Nilai-nilai Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Sifat-sifat Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Studi Sosial, 8(1), hlm. 55-64.

Gunawan, dan Palupi, A. R. 2012. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandu, 2(2), 98-117.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim. 2006. Media Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Jauhar, M. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sudjana, N., & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats