Pola Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Di Balai Diklat Keuangan Kota Malang

Edi Widianto

Abstract


Abstract: Balai Diklat Keuangan (BDK) Malang is one of the educational institutions and training under the auspices of the Ministry of Finance of the Republic of Indonesia. Implementation of the training organized by the institution are not necessarily held on the decision of the head of the hall. But through the needs assessment phase to various institutions under the finance ministry to put forward a work program or training program during a budget year. The learning process in training were emphasized on the development of skills of trainees. This study aims to determine the pattern of providing education and training in BDK Malang. This study uses a qualitative approach with case study design. The location of this research at BDK Malang. The results of research showed that: (1) BDK Malang has a characteristic which is supported by training human resources to work in accordance with the SOP that is on it. Given these institutions work in accordance with the BDK Malang can not develop the kind of training independently which is open to the public. This means that this institution only organizes training for human resources in the Ministry of Finance; (2) the process of training in the management and development of BDK Malang arranged in two stages that complement each other; and (3) educational and training organized by BDK Malang has a quite different pattern of educational and training that exist elsewhere.

 

Abstrak: Balai Diklat Keuangan (BDK) Malang merupakan salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan yang bernaung dibawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Pelaksanaan diklat yang diselenggarakan oleh pihak lembaga tidak serta merta diselenggarakan atas keputusan kepala balai. Melainkan melalui tahap need assesment (penilaian kebutuhan) kepada berbagai lembaga dibawah kementerian keuangan untuk diajukan sebagai program kerja atau program diklat selama satu tahun anggaran. Proses pembelajaran pada diklat lebih di tekankan pada pengembangan skill peserta pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di Balai Diklat Keuangan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Lokasi penelitian ini di Balai Diklat Keuangan Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) BDK Kota Malang memiliki karakteristik pelatihan yang ditunjang oleh sumberdaya manusia yang bekerja sesuai dengan SOP yang ada di atasnya. Mengingat lembaga ini bekerja sesuai dengan BDK Kota Malang tidak bisa mengembangkan jenis mata diklat secara mandiri yang bersifat terbuka untuk umum. Artinya lembaga ini hanya menyelenggarakan diklat untuk SDM di kawasan Kemenkeu; (2) proses pengelolaan dan pengembangan Diklat di BDK Kota Malang diatur dalam dua tahapan yang saling melengkapi; dan (3) diklat-diklat yang diselenggarakan oleh BDK Kota Malang memiliki pola yang cukup berbeda dengan diklat-diklat yang ada di tempat lain.


Keywords


education; training; financial training office; pendidikan, pelatihan, balai diklat keuangan

Full Text:

PDF

References


Cartwright, R. 2003. Implementing a Training and Development Strategy. Oxford: Capstone Publishing Limited.

Gomes. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, O. 2007. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, T. 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Ilma, U. 2015. Akuntabilitas Keuangan Sekolah Berbasis Audit Keuangan. Manajemen Pendidikan, 24(6), 563-570.

Kamil, M. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan Konsep dan Aplikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Kaswan. 2011. Pelatihan dan Pengembangan untuk meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta.

Koontz, H. & O,Donnel, C. 1992. Principle of Management a Analysis of Managerial Fungtion. Tokyo: McGraw HillKogakusha Ltd.

Maisyaroh. 2015. Pengembangan Staf di Lembaga Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 24(4), 274-281.

Masyud, M. S. 2015. Peran Pendidikan dalam Menyongsong Era Globalisasi. Prosiding Scientific Forum Faculty of Education Department of Science Education (FIP-JIP) and The International Seminar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, 9 s.d. 11 September.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Philip, J. J. 1991. Training Evaluation and Measurement Methods. Huston: Gulf Publishing Company.

Satori, J. 2007. Manajemen Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pendidikan Persekolahan. Materi Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah di Indonesia. Jakarta: Dirtendik Dirjen PMPTK Depdiknas.

Syakhroza, A. 2002. Mekanisme Pengendalian Internal dalam Melakukan Assesmen terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Majalah Usahawan Indonesia, 31(8), 41-52.

Zakarija, A. 2005. Merancang Pelatihan yang Efektif, (Online), (https://anzdoc.com/merancang-pelatihan-yang-efektif-zakarija-achmat.html), diakses 7 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats