Pengembangan Buku Pengayaan Perubahan Sosial sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Bambang Tejokusumo

Abstract


Abstract: This research and development based on the purpose: (1) to produce enrichment book with contain is social change in Rembang Subdistrict Purbalingga Regency and using Junior High School student; and (2) to produce manual using for teacher take advantages enrichment book with contain is social change in Rembang Subdistrict Purbalingga Regency and using Junior High School student. This research is research and development with procedural model with descriptive adaptation from from Borg dan Gall (1983), with the steps as follows: (1) research and collection the first information; (2) planning; (3) the form movement of the first product; (4) first test; (5) product revision; (6) field test; (7) revision product; (8) field test; (9) the last product revision; and (10) dissemination and implementation. The research and development result that validation product by the content expert, language experts and graphic got score 90%, 84%, and 59%. Tryout this product by 5 social science teachers and 15 students from 3 different Junior High Schools with the average score 92,48 and 93,3; but there are some advices and responses from social science teachers and also the students for book revision.

 

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku pengayaan perubahan sosial di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah sebagai sumber belajar siswa di SMP; dan (2) menghasilkan pedoman penggunaan bagi guru dalam memanfaatkan buku pengayaan perubahan sosial di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah sebagai sumber belajar siswa di SMP. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model prosedural yang bersifat deskriptif adaptasi dari Borg dan Gall (1983), dengan langkah-langkah: (1) penelitan dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan format produk awal; (4) uji coba awal; (5) revisi produk; (6) uji coba lapangan; (7) revisi produk; (8) uji lapangan; (9) revisi produk akhir; dan (10) deseminasi dan implementasi. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafika, dengan tingkat kevalidan masing-masing yaitu 90%, 84%, dan 59%. Uji coba produk dilakukan oleh 5 guru IPS SMP dan 15 siswa SMP memperoleh rata-rata skor 92,48 dan 93,3; namun juga mendapat tanggapan dan saran untuk perbaikan buku pengayaan ini.

 


Keywords


social studies; enrichment book; social change; learning sources; ilmu pengetahuan soasial; buku pengayaan; perubahan sosial; sumber belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., dan Sriwijaya. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu

Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Borg, W. R., dan Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Danim, S. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, I. 2017. Indonesian Curriculum 2013: Instructional Management,

Obstacles Faced by Teachers in Implementation and the Way Forward. Proceeding 3rd International Conference on Education and Training (3rd ICET) 2017, Theme: Global and Local Based Education and Training, Published by Atlantis Press.

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., dan Triwiyanto, T. 2017. Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 37-47.

Kemendikbud. 2014. Ilmu Pengetahuan Sosial: Buku Guru untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud Nomor 2 Tahun 2008 tentang Penggunaan Buku di Satuan Pendidikan. 2009. Jakarta: Kemdikbud.

Permendikbud Nomor 68 tahun 2013 tentang Kurikulum SMP/MTs. 2014. Jakarta:

Kemdikbud. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2014. Instrumen dan Rubrik B1 Penilaian

Buku Pengayaan Pengetahuan. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D). Bandung: Alfabeta.

Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Banyumedia Publishing.

Wahab, A. A. 2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats