Penggunaan Teknik Mind Map Berbasis Multimedia Presentasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IVB SD Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Roni Rahmawanto

Abstract


ABSTRACT: This research was conducted with the aim to describe the use of mind map technique based on multimedia presentation to improve IPS learning activity and achievement. The subjects of this study are students of grade IVB SD East Bantul Lesson Year 2014/2015. The method used is classroom action research (PTK) which is implemented in 2 cycles, each cycle is done 4 times meeting. Implementation of the action refers to the opinion Kemmis & Taggart with stages: planning, implementation of action, observation, and reflection. Data collection techniques used cognitive tests, affective observations, psychomotor rubrics, teacher activity observation, student activity observation, teacher interviews, field notes and documentation. The results showed that there is an increase in the level of success of student activities and increasing the level of success of student achievement.

Keywords: mind map, multimedia, activity, learning achievement, elementary school

ABSTRAK: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Bantul Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan 4 kali pertemuan. Pelaksanaan tindakan mengacu pada pendapat Kemmis & Taggart dengan tahapan:  perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif, observasi afektif, rubrik psikomotor, observasi kegiatan guru, observasi aktivitas siswa, wawancara dengan guru, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan taraf keberhasilan aktivitas siswa dan peningkatan taraf keberhasilan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci : mind map, multimedia, aktivitas, prestasi belajar, SD


Keywords


mind map, multimedia, aktivitas, prestasi belajar, SD

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arends, R, I. 2007. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar Buku Dua. Terjemahan Soetjipto & Soetjipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariani, N. Haryanto, D. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah : Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Azwar, S. 2009. Tes prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buzan, T. 2004. Master Your Memory: Kuasai Memori Anda. Terjemahan Alexander Sindoro. Batam: Interaksara.

Jauhar, M. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Kontruktivistik: Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL(Contextual Teaching & Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Jensen, E. 2011. Pemelajaran Berbasis-Otak: Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Kurniasari, P. 2014. Penggunaan Intelligent Mind Mapping untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Purwantoro 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang. UM Malang.Tesis tidak diterbitkan.

Mardapi, D. 2012. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Nurbaity, Sondang, Utami, W. 2010. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam IPA Terpadu Menggunakan Penilaian Portofolio Melalui Lesson study di SMP Sekolah Alam dan Sains Aljannah. Jakarta: Jurnal Pendidikan & Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional Vol.16 No. 6 Nopember 2010.

Prihatiningsih, M & Suparmini. 2012. Peranan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas 7-F SMP 15 Yogyakarta.Geo Educasia. (online) I (3) (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/962/25/176) diakses 18 Oktober 2014

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2001. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, T. 2013. Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Pelajaran Matematika. Jurnal Handayani. (online) I (1) (http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/1271) diakses 5 November 2014

Seifert, K. 2012. Pedoman Pembelajaran & Intruksi Pendidikan.Terjemahan Yusuf Anas. Yogyakarta: IRCiSoD.

Uno, H. B. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Windura, S. 2013. Mind Map untuk Siswa, Guru & Orang Tua:Teknik Berpikir & Belajar Sesuai Cara Kerja Alami Otak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats