Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik

Endang Setyawati

Abstract


Abstract: This study is based on the following backgrounds: (1) quality improvement, learning process relevance and efficiency; (2) low critical thinking ability; and (3) improvement of Curriculum 2006 and enactment of Curriculum 2013 - which is scientifically - based. This study aims to improve natural science learning outcomes. Discovery Learning Model conducted by scientific approach is one of cooperative learning done by the author for classroom action research in two cycles for four months from September until December 2016. The research sample was class VIII-D which consisted of 32 students. The results showed that in the first cycle, natural science learning averagegrade achieved by the studentswas 66.93 and learning completeness reached 72.41%. At the end of cycle II, as many as 20 students were given enrichment test and as many as 12 students were given remedial test. The average grade achieved was 79.34 with learning completeness by 79.31%. From the data analysis, it is known that discovery learning model with scientific approach can improve student learning outcomes shown by the increase in average gradeachieved from Cycle I to Cycle II. Suggestions that can be put forward are: it is expected thatnatural science teachers and other subjectteachers use scientific approach with variative learning model according to the subject so thatstudents are motivated to learn and learning outcomes can be improved.

 

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) peningkatan mutu, dan relevansi serta efisiensi proses pembelajaran; (2) kemampuan berpikir kritis rendah; dan (3) penyempurnaan Kurikulum 2006 dan diberlakukannya kurikulum 2013 berbas saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik Kelas VIII-D SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Pembelajaran Discovery Learning yang dilakukan dengan pendekatan saintifik merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang dilakukan peneliti dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, selama empat bulan yang telah dilaksanakan dalam bulan September sampai dengan bulan Desember 2016. Sampel penelitian adalah Kelas VIII-D dengan jumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I hasil belajar IPA yang dicapai peserta didik rata-rata kelas 66,93 dan ketuntasan belajar 72,41%. Pada akhir siklus II, sebanyak 20 peserta didik diberi pengayaan dan sebanyak12 peserta didik diberi perbaikan. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 79,34 dengan ketuntasan belajar 79,31%. Dari hasil analisa data diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II. Saran yang dapat dikemukakan adalah: diharapkan kepada guru mata pelajaran IPA dan guru mata pelajaran lain untuk menggunakan pendekatan Saintifik dengan model pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan agar peserta didik termotivasi untuk belajar dan hasil belajar peserta didik lebih meningkat.

Keywords


learning outcomes; discovery learning; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, R. H. 2013. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ardian, A. 2016. Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, S. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Carrison, O. S. 1995. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Chotimah, H. 2009. Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Ombak.

Chusnul, K. 2014. PTK Penggunaan Media Lompatan Katak untuk Meningkatkan Respons Peserta Didik dan Hasil Belajar Matematika. Malang: Literasi.

Samsuri, I. 2006. Biologi VIII. Jakarta: Yudhistira.

Susanto, P. 1999. Strategi Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah. Malang: Surya Pena Gemilang.

Susilo, H. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats