Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas VIII-D SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang

Endang Setyawati

Abstract


abstract: This study is based on the following backgrounds: (1) quality improvement, learning process relevance and efficiency. (2) low critical thinking ability, (3) improvement of curriculum 2006 and enactment of curriculum 2013-which is scientifically-based. This study aims to improve natural science learning outcomes. Discovery Learning Model conducted by scientific approach is one of cooperative learning done by the authorfor Penelitian Tindakan Kelas (PTK) in two cycles for four months from September until December 2016. The research sample was class VIII-D which consisted of 32 students. The results showed that in the first cycle, natural science learning averagegrade achieved by the studentswas 66.93 and learning completeness reached 72.41%. At the end of cycle II, as many as 20 students were given enrichment test and as many as 12 students were given remedial test. The average grade achieved was 79.34 with learning completeness by 79.31%. From the data analysis, it is known that Discovery Learning Model with scientific approach can improve student learning outcomes shown by the increase in average gradeachieved from cycle I to cycle II.

Suggestions that can be put forward are: it is expected thatnatural science teachers and other subjectteachers use scientific approach with variative learning model according to the subject so thatstudents are motivated to learn and learning outcomes can be improved.

Keywords: learning outcomes, learning model, discovery learning.

abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah: (1) peningkatan mutu, dan relevansi serta efisiensi proses pembelajaran; (2) kemampuan berpikir kritis rendah; (3) penyempurnaan kurikulum 2006 dan diberlakukannya kurikulum 2013 berbasis saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Pembelajaran Discovery Learning yang dilakukan dengan pendekatan saintifik merupakan salah satu pembelajaran kooperatif  yang dilakukan peneliti dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, selama empat bulan yang telah dilaksanakan dalam bulan September sampai Desember 2016. Sampel penelitian adalah kelas VIII-D dengan jumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar IPA yang dicapai peserta didik  rata-rata kelas 66,93 dan ketuntasan belajar 72,41%. Pada akhir siklus II, sebanyak 20 peserta didik diberi pengayaan dan sebanyak 12 peserta didik diberi perbaikan. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 79,34 dengan ketuntasan belajar 79,31%. Dari hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Guru mata pelajaran IPA dan guru mata pelajaran lain diharapkan menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan agar peserta didik termotivasi untuk belajar dan hasil belajar peserta didik lebih meningkat.

Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran, discovery learning.

 


Keywords


hasil belajar, model pembelajaran, discovery learning.

Full Text:

PDF

References


Anderson, R.H. 1983. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka dan Pusat Antar Universitas di Universitas Terbuka.

Ardian A, dkk. 2014. Buku Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Burton, dkk.1982. Teori Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Carrison (Oscar Susanto).1995 Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Chotimah, H. dkk. 2009. Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan.

Chusnul. 2014. PTK Penggunaan Media Lompatan Katak Untuk Meningkatkan Respon Peserta Didik dan Hasil Belajar Matematika. Malang.

Gagne & Hanafi, (Pudyo Susanto) 1999. Strategi Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah. Malang FPMIPA. Universitas Negeri Malang Surya Pena Gemilang.

Samsuri I, dkk.2006. Biologi VIII. Jakarta: Yudhistira.

Susilo H., dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Malang: Bayumedia Publishing.

Team MGMP Kota Malang. 2008. LKS Biologi. Malang: Insan Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats