Makna Evaluasi Penyelenggaraan Program Pelatihan Pendamping Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Aisyah Nurfiani

Abstract


Abstract: Meaning of Training Program Implementasi Evaluation of Accreditation Assistants of Health Facilities at First Level. Program evaluation is a systematic method for assessing the effectiveness and efficiency of the project, policy and program implementation. The purposes of this study is to evaluate implementation of training program conducted by UPT Latkesmas Murnajati, Lawang, based on the implementation guidance published by PPSDM Ministry of Health RI 2011. the evaluation is focused on the participant, facilitators, and training process. The research finding shows that training program conducted by UPT Latkesmas Murnajati have been implemented by fairly well.

Abstrak: Makna Evaluasi Penyelenggaraan Program Pelatihan Pendamping Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Evaluasi program merupakan satu metode ilmiah untuk menilai tingkat efektifitas dan efisien suatu proyek, kebijakan dan program. Penelitian evaluasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan program pelatihan yang diselenggarakan di UPT Latkesmas Murnajati, Lawang, dengan berpedoman pada pedoman penyelenggaraan pelatihan yang dikeluarkan oleh PPSDM Kementerian Kesehatan RI tahun 2011. Aspek yang dinilai meliputi peserta, fasilitator, dan penyelengaraan pelatihan. Hasil penelitian mendapati bahwa program pelatihan yang diselenggaran oleh UPT Murnajati Lawang telah diselenggarakan dengan cukup baik.


Keywords


training program; accreditation assistans; health facility; program pelatihan; pendamping akreditasi; fasilitas kesehatan

Full Text:

PDF

References


Komariah & Satori. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Saleh, M. 2012. Pendidikan Non Formal Bukan Residu. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Patilima, H. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sarosa, S. 2012. Penelitian Kualitatif;Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Indeks.

Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Universitas Negeri Malang

Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktik Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wiyono, B. B. & Sunarni. 2009. Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Yoewana, A. 1990, Pengembangan Masyarakat Untuk Para Manajer, Solo: Yayasan Indonesia Sejahtera.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22016p009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

     


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats