Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Melalui Teknik Supervisi Kelas

Bambang Herry Iriantoro

Abstract


Abstract: Improvement of Teaching Ability through The Class Supervision Technique. This study aims to improve the teaching skills of primary school teachers in learning through the implementation of supervision. The study was conducted in Gugus 3 Loceret the District Nganjuk with the design school action research, conducted in two cycles. The survey results revealed that the ability of teachers to teach elementary school could be improved through classroom supervision techniques. Improving the ability of teachers to teach is demonstrated by (a) increasing the ability to manage a class, (b) increasing the ability to use learning strategies, (c) increase the capacity to manage the interaction of classes, (d) an increase in the ability to help develop positive attitudes of students and (e) an increase in the ability to execute evaluation process and learning outcomes.

Abstrak: Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru melalui Teknik Supervisi Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru SD dalam pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi. Penelitian dilakukan Gugus 3 Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk dengan rancangan penelitian tindakan sekolah, dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan mengajar guru SD dapat ditingkatkan melalui teknik supervisi kelas. Peningkatan kemampuan mengajar guru tersebut ditunjukkan oleh (a) peningkatan kemampuan mengelola kelas, (b) peningkatan kemampuan menggunakan strategi pembelajaran, (c) peningkatan kemampuan mengelola interaksi kelas, (d) peningkatan kemampuan membantu mengembangkan sikap positif siswa dan (e) peningkatan kemampuan melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.


Keywords


teaching skills; classroom supervision techniques; kemampuan mengajar; teknik supervisi kelas

Full Text:

PDF

References


Burden, P.R. & Byrd, D.M. 2010. Methods for Effective Teaching, Meeting the Needs of All Students. Boston: Allyn and Bacon.

Depdiknas, 2007. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Ghafir, A & Zuhairini, D. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama Dilengkapi dengan Sistem Modul dan Permainan Simulasi. Surabaya : Usaha Nasional.

Hariwung, A.J. 1981, Supervisi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Imron, A. 1999. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Kusnandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mawardi, F. 2006. Efektivitas Program Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Pemerintah DKI Jakarta dalam Rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Disertasi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Jakarta.

Nawawi, H. 1981. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Pidarta M. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press

Sahertian, P.A. 2000. Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman A.M. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada

Stronge, J.H., Tucker, P.D., & Hindman, J.L. 2004. Handbook for Qualities of Effective Teachers. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sudjana, N. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Uno, H.B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22016p024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

     


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats