Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Slamet Riyadi

Abstract


Abstract: Implementation of Clinical Supervision in improving the Ability of Teachers to Teach the Subjects Moral Creed. Clinical supervision is one of the efforts in improving the professionalism of teachers. This research aims to (1) find out the implementation of clinical supervision in improving the ability of teaching; and (2) determine whether clinical supervision techniques can increase the ability of teachers to teach the subjects Moral Creed on MAN Rejotangan Tulungagung. This research uses the qualitative descriptive method with the class action research design. The results showed that the implementation of clinical supervision is going well and can increase the capability of the teachers teaching in the subjects Moral Creed.

Abstrak: Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Supervisi klinis merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kemampuan mengajar; dan (2) mengetahui apakah teknik supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak.


Keywords


clinical supervision implementation; ability to teach teachers; implementasi supervisi klinis; kemampuan mengajar guru

Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariwung, A. J. 1989. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Pendidikan Tinggi, Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan.

Kammis, S. and Taggart, M. 1988. The Action Research Planner. Geelong: Deakin University Press.

McNiff, J. 1988. Action Research: Principles and Practice. London: Macmillan Education, Ltd.

Miarso, Y. 1985. Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Nawawi, H. 1984. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Nurtain. 1989. Supervisi Pengajaran (Teori dan Praktek). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan.

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Purwanto, M. N. 1987. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya.

Sahertian, P. A. 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutisna, O. 1983. Administrasi Pendidikan, Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22016p080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats