Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran Sentra Melalui Supervisi Akademik

Wiwin Yuli Astutik

Abstract


Abstract: Improving Teachers’ Abilities to Employ the Circle Centered Learning Model through Academic Supervision Method. The circle centered learning is the model that be can be used by many kindergartens in Indonesia. The ability of teachers in implement the model is various in quality. It is because the understanding of teachers about the model is different. In order to solve the problem, the teacher need a supervision. This research aimed to improve teachers’ ability to employ the circle centered learning model through the academic supervision method. The research used action research design. The research was conducted in TK Koperasi Batik, Mojokerto. The result showed that academic supervision method could improved teachers’ ability to employ the circle centered learning model, and the learning process could be carried out properly.

Abstrak: Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran Berpusat pada Sentra melalui Method Supervisi Akademik. Pembelajaran berpusat pada sentra merupakan model pembelajaran yang banyak diterapkan pada TK di Indonesia. Penerapan guru dalam menggunakan model tersebut beraneka ragam kualitasnya. Hal tersebut dikarenakan setiap guru memiliki pemahaman yang berbeda-beda terhadapmodel tersebut. Untuk dapat memecahkan masalah tersebut perlu dilakukan supervisi kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penerapan model pembelajaran berpusat pada sentra melalui kegiatan supervisi akademik. Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Koperasi Batik, Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan supervisi akademik dapat meningkatan kemampuan guru TK dalam penerapan model pembelajaran berpusat pada sentra, dan proses pembelajarannya dapat berjalan lebih baik.


Keywords


implementation; circle-centered learning; academic supervision; kemampuan guru; pembelajaran berpusat pada sentra; supervisi akademik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arriyani. 2010. Sentra Main Peran. Jakarta: Pustaka Al-Falah.

Hamalik, O. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iwantoro. 2014. Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Rangka Mencapai Tujuan Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid” Vol 3 Nomor 2, Juli 2014.

Kurnia, I. 2010. Peningkatan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Supervisi Kepala Sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.

Moleong, L. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pamela C. P. 2007. Ocean and the Sea Life, Beyond Centers and Circle Time Theme Series, Creative Center or Childhood Research and Training, Inc. (CCCRT).

Susilo, H. 2004. Pembelajaran Sains Secara Konstruktivis-Kontekstual untuk Menggalakkan Kemampuan Berpikir Siswa. Jurnal Pelatihan PBMP (Pemberdayaan Melalui Pertanyaan) Pada Pembelajaran Bagi Guru Sains Biologi. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), (http://www.sindikker.dikti.go.id), diakses 17 November 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22016p093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

     


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats