Pengaruh Pembelajaran Strategi REACT terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PGSD tentang Koneksi Matematis
Abstract
Abstract: Effects of Learning Strategies Against REACT Upgrades PGSD Students On Mathematical Connections. This study aims to examine in depth about the increasing ability of students through learning mathematical connection with REACT strategy. This research used a quasi-experimental design with control pre-test and post-test. The subjects of this study were students at the UM PGSD odd semester 2015/2016. Results from the study showed that the increase in the ability of the mathematical connection that gets students learning mathematics through REACT strategy is better than the improvement of the ability to connect students who receive conventional learning.
Abstrak: Pengaruh Pembelajaran Strategi REACT terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PGSD tentang Koneksi Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengenai peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa melalui pembelajaran dengan strategi REACT. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kontrol pre-test dan post-test. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UM pada semester ganjil 2015/2016. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang mendapat pembelajaran matematika melalui strategi REACT lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan koneksi mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, S., dan Zain, A. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston VA: The National Council of Teachers of Mathematics Inc.
Rohansyah, W. 2008. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Diskursus dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP. Skripsi UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
Sanjaya, W. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Sumarmo. 2004. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Makalah disajikan dalam seminar nasional Pendidikan MIPA pada FMIPA UPI.
Yuniawatika. 2011. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Tesis UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22016p100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.