Studi Kasus Pelaksanaan Supervisi Pada Pusat Layanan Autis
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to determine: (1) supervision techniques used by supervisors; (2) the supervisory approach used by the supervisor; and (3) problems in the implementation of supervision. The research was conducted in autism service center (Pusat Layanan Autis / PLA) Denpasar City and PLA Malang City. This study uses a qualitative approach because this research reveals the results of research in the form of exposure of words based on phenomena that have been observed. This research uses multisitus study design research so that researcher can observe carefully about a program, event, phenomenon, activity, process and activity about object to be studied. Techniques in collecting data used in this study include: observation, interviews, and documentation. data analysis conducted in this research, that is: (1) data analysis in site; and (2) cross-site data analysis. The results showed: (1) Supervisory techniques used by supervisors, including class visits, personal conversations, group discussions with fellow teachers and in meetings, teaching demonstrations, and professional libraries; (2) The supervisory approach used or appropriate to the PLA character is a collaborative supervision approach; and (3) the main problem in supervision implementation in PLA is the burden of supervisor's work too much, supervisor's understanding of supervision for special education or PLA due to lack of guidance from government to PLA supervisor about supervision of education for teacher or PLA therapist, and limited supervisor's knowledge about education transition and integrated intervention.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) teknik-teknik supervisi yang digunakan oleh supervisor; (2) pendekatan supervisi yang digunakan oleh supervisor; dan (3) permasalahan dalam pelaksanaan supervisi. Penelitian dilaksanakan di PLA Kota Denpasar dan PLA Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengungkapkan hasil penelitian dalam bentuk paparan kata-kata berdasarkan fenomena yang telah diamati. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi multisitus agar peneliti dapat mengamati secara cermat mengenai suatu program, peristiwa, fenomena, aktivitas, proses serta kegiatan mengenai objek yang akan diteliti. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data yang dilakukan di dalam penelitian ini, yaitu: (1) analisis data dalam situs; dan (2) analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Teknik-teknik supervisi yang digunakan supervisor, meliputi kunjungan kelas, pembicaraan secara personal, diskusi kelompok dengan sesama guru dan dalam bentuk rapat, demonstrasi mengajar, dan perpustakaan profesional; (2) Pendekatan supervisi yang digunakan atau yang sesuai dengan karakter PLA adalah pendekatan supervisi kolaboratif; dan (3) permasalahan utama dalam pelaksanaan supervisi di PLA adalah beban pekerjaan supervisor terlalu banyak, pemahaman supervisor tentang supervisi untuk pendidikan khusus atau PLA akibat kurangnya pembinaan dari pemerintah kepada supervisor PLA mengenai supervisi pendidikan bagi guru atau terapis PLA, dan keterbatasan pengetahuan supervisor tentang pendidikan transisi dan intervensi terpadu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bafadal, I. 2007. Supervisi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Briggs, T. H., dan Justman, J. 1954. Improving Instruction Through Supervision. New York: The Mc Millan Company.
Glickman, C. D. 1981. Developmental Supervision: Alternative Practice for Helping Teachers Improve Instruction. Alexandria: ASDC.
Mantja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran: Kumpulan Karya Tulis Terpublikasikan. Malang: Wineka Media.
Moleong, L. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. 2008. Jakarta: Kemdiknas.
Sahertian, P. A. dan Mataheru, F. 1981a. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sahertian, P. A. dan Mataheru, F. 1981b. Supervisi Pendidikan. Malang: IKIP Malang.
Sergiovanni, T. J. 1982. Supervision of Teaching. Alexandria: ASDC.
Soetopo, H., dan Soemanto, W. 1982. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara.
Soetopo, H. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006. Bandung: Citra Umbara.
Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22018p175
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Dewi Agnes Wahyuni Alvianti Puteri
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.